testimoni

testimoni

Kereta Angkutan Kontainer JICT-CDP Resmi Beroperasi

Penyiraman air kendi yang dilakukan oleh Direktur Kalog
Kereta Api Kita

[27/6/16]. Kereta api angkutan kontainer relasi Jakarta International Container Terminal (JICT)-Cikarang Dry Port (CDP) resmi beroperasi. Seperti dilansir dari Kereta Api Kita, peresmian ini dilakukan di kawasan Jakarta International Container Terminal pada hari Jumat (24/6) lalu. 

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penyiraman air kendi ke lokomotif yang dilakukan oleh Direktur Logistik dan Pengembangan KAI, Budi Noviantoro. Setelah penyiraman air kendi, pemberangkatan kereta dari JICT ke CDP ditandai dengan diberikannya semboyan 40 yang diberikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuwandono dengan didampingi oleh Dirops dan Pemasaran Kalog Sugeng Priyono.

Seperti dilansir dari Beritasatu, Agung Kuswandono mengatakan beroperasinya kereta angkutan kontainer ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi waktu bongkar atau dwelling time yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan kapasitas angkut sebanyak 30 gerbong datar atau GD, pengangkutan kontainer dengan kereta api dinilai lebih efisien serta lebih cepat.

Dirops Kalog Sugeng Priyono mengatakan waktu perjalanan kereta angkutan kontainer dari JICT ke CDP membutuhkan waktu sekitar 70 menit. Untuk sementara ini, perjalanan kereta barang ini masih belum memiliki jadwal pasti keberangkatan dan masih menggunakan nomor KLB. Pasalnya jadwal pemberangkatan kereta angkutan kontainer ini masih harus menyesuaikannya dengan jadwal KRL dan kereta api jarak jauh (KAJJ).

Sebelumnya uji coba kereta petikemas ke JICT telah dilakukan pada 18 Februari 2016 lalu. Operasional bongkar muat kereta kontainer di JICT sendiri sebenarnya sudah dijalankan sejak 7 April 2016 lalu melalui emplasemen Stasiun JICT Tanjung Priok.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo   



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment