testimoni

testimoni

Kereta Barang India-Russia akan Mulai Beroperasi Agustus Ini

RBTH

[10/6/16]. Kereta barang yang memiliki rute dari Russia ke India direncanakan akan mulai beroperasi pada Agustus 2016 ini. Seperti dilansir dari RBTH, RIA Novosti bersama dengan Direktur Azerbaijan Railway Javid Gurbanov mengatakan bahwa kereta barang dari India ke Russia lewat Azerbaijan ini direncanakan akan beroperasi pada akhir Agustus tahun ini.

Kereta ini akan beroperasi dari Mumbai ke Pelabuhan Bandar Abbas di Iran menggunakan kapal, lalu melanjutkan perjalanan ke kota Astara di Azerbaijan, baru kereta mengakhiri perjalanan di Moscow, Russia. Kereta ini akan mengalami pergantian gauge sebanyak dua kali. Yakni di Iran dengan lebar 1435 mm dan di Russia dengan lebar 1520 mm.

Kereta barang antar negara ini merupakan bagian dari megaproyek jalur kereta North-South Railway. North-South Railway adalah sebuah proyek jalur kereta barang yang menghubungkan wilayah Eropa Timur dengan Mumbai. Jalur ini akan melintasi wilayah di tepian timur Laut Kaspia yang merupakan wilayah dari Azerbaijan.

Namun jalur kereta barang ini tak sepenuhnya menggunakan kereta api. Jalur kereta berakhir di Pelabuhan Bandar Abbas di Iran. Selanjutnya kereta akan diangkut menggunakan kapal menuju Mumbai.

Diharapkan dengan beroperasinya jalur ini dapat mempermudah angkutan ekspor-impor dari Russia ke Iran dan India. Pasalnya selama ini, angkutan barang ekspor-impor dari Russia ke Iran dan India diangkut menggunakan kapal.

Namun kapal tidak bisa berlayar langsung ke Iran maupun India karena tidak ada lautan di situ. Jadi kapal harus memutar lewat Eropa Barat, ke Laut Mediterania, melintasi Terusan Suez, baru bisa menuju Iran dan India yang pastinya sangat mahal dan tidak efisien.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment