testimoni

testimoni

Kini Sumatera Resmi Punya 4 Divre

Stasiun Tanjung Karang yang kini merupakan bagian dari Divre 4 Tanjung Karang
Flickr: Mighty Bowo

[5/6/16]. Sumatera punya 4 Divre? Anda pasti berfikir penulis sedang melawak dan berniat mengirimkan artikel ini ke grup Facebook Sepur Ngawur. Tapi tidak! Ini sungguhan! Kini Pulau Sumatera sudah memiliki 4 Divisi Regional atau Divre. Yakni Divre 1 Sumatera Utara & NAD, Divre 2 Sumatera Barat, Divre 3 Kertapati, dan Divre 4 Tanjung Karang.

Divre 3 Kertapati? Divre 4 Tanjung Karang? Ya kedua Divre baru ini merupakan hasil dari pemecahan Divre 3 Sumatera Selatan. Divre 3 Sumsel dipecah jadi Divre 3 dan Divre 4 sejak 1 Mei 2016 lalu. Pemecahan Divre 3 Sumsel ini dikarenakan cakupan wilayah yang terlalu luas sampai 2 provinsi sehingga mempersulit pengelolaan aset dan operasional.

Sebelum dipecah, kedua Divre baru ini tadinya hanyalah Sub-Divre, yakni Sub-Divre III.1 Kertapati dan Sub-Divre III.2 Tanjung Karang. 

Divre 3 Kertapati mencakup wilayah yang masuk ke daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu (Stasiun Kotapadang-red). Stasiun di Divre 3 Kertapati berbatasan langsung dengan wilayah Divre 4 Tanjung Karang yakni Pos Prabumulih X5.

Divre 3 Kertapati sendiri mengelola lima perjalanan kereta penumpang, yakni Sindang Marga, Serelo, dan Railbus Kertalaya. Divre 3 Kertapati juga mengelola operasional kereta api barang yakni batubara Kertapati dan batubara Sukacinta.

Divre 4 Tanjung Karang mencakup wilayah yang masuk ke daerah Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Stasiun di Divre 4 Tanjung Karang berbatasan langsung dengan wilayah Divre 3 Kertapati yakni Stasiun Tanjungrambang.

Divre 4 Tanjung Karang sendiri mengelola dua kereta penumpang yakni KRDI Seminung dan KRDI Way Umpu.

Untuk kereta angkutan penumpang seperti Limeks Sriwijaya dan Rajabasa juga kereta angkutan barang seperti Babaranjang, batubara Semen Baturaja, angkutan BBM, semen klingker, dan pulp milik PT TEL dikelola bersama oleh kedua divre tersebut.


RE Digest | Bayu Tri Sulityo
disarikan dari Wikipedia
Divisi Regional 3 Kertapati dan Divisi Regional 4 Tanjung Karang

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment