testimoni

testimoni

Kita Lihat Mewahnya K3 2016

Tampilan luar K3 2016
picture by: Fernanda Ardiyanto
[30/6/16]. Arus mudik tahun ini kita akan ada pendatang baru yang siap menyambut para pemudik yang menggunakan kereta api. Ya, inilah K3 2016. K3 yang satu ini menjadi perbincangan hangat di kalangan railfans pada arus mudik kali ini. Bagaimana tidak? K3 ini bisa dibilang merupakan salah satu K3 termewah yang pernah ada.

Bahkan banyak yang bilang terlalu rendah menyebut K3 ini sebagai kereta kelas ekonomi. Pasalnya, fasilitas yang ada di dalam K3 ini hampir mendekati fasilitas yang ada di K1. Seberapa mewah kah K3 2016 ini? Mari kita lihat.

Dari bagian luarnya saja terlihat seperti K1 2016 yang sudah berdinas melayani beberapa kereta eksekutif terlebih dahulu. Jendela dengan kaca memanjang nyaris tanpa kusen membuatnya terlihat sangat identik dengan K1 2016. Bahkan apabila keduanya disandingkan akan sulit untuk membedakannya. Yang membedakan hanya warna pintunya saja.

Sekarang kita masuk ke dalam kereta. Interior kereta ini sangatlah berkelas. Ada 4 buah televisi yang ditempatkan di dinding pojok kereta dan di tengah kereta. Susunan bangku 2-2 membuat ruang di tengah kereta menjadi sangat lapang sehingga bisa dilewati oleh kursi roda.

Interior kereta dengan susunan bangku 2-2
photo by: Fernanda Ardiyanto
Bangku kereta pun tidak disusun berhadap-hadapan seperti K3 pada umumnya. Bangku disusun saling membelakangi seperti K1 sehingga membuat penumpang lebih nyaman dan terasa lebih "romantis". Jok yang terbuat dari kulit membuat perjalanan terasa jauh lebih nyaman meskipun bangku tidak reclining ketimbang K3 biasa dengan bangku tegap.

Dan pastinya, setiap tempat duduk dilengkapi dengan stopkontak untuk mencharge handphone, laptop, ataupun gadget lainnya sebagai standar operasional. Dan tentu saja K3 ini dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Jok kulit dan bangku reclining membuat perjalanan terasa nyaman
photo by: Fernanda Ardiyanto
Saat ini, K3 2016 ini sedang dalam proses pengiriman dari PT INKA Madiun ke Manggarai. Nantinya pada musim mudik lebaran ini, K3 ini akan digunakan sebagai rangkaian Kutojaya Utara tambahan lebaran yang dioperasikan oleh Daop 5 Purwokerto. Kereta api Kutojaya Utara tambahan lebaran ini akan mulai beroperasi pada 4 Juni mendatang.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo






About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment