testimoni

testimoni

Menhub Tolak Pengoperasian Kembali KA Sapujagat

KA Sapujagat yang pernah beroperasi saat arus mudik dan balik Lebaran
Youtube

[21/6/16]. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menolak mentah-mentah usulan dari Ketua Komisi V DPR RI Muhidin Muhamad Said untuk mengoperasikan kembali KA Sapujagat untuk angkutan Lebaran tahun 2016 ini. Seperti dilansir dari Tribunnews, Jonan mengatakan dirinya tidak mau kereta barang dijadikan sebagai kereta angkutan penumpang.

Menurut Jonan, penggunaan kereta barang untuk angkutan penumpang sangatlah berbahaya dan menyalahi aspek keselamatan. Dirinya tak ingin KAI seperti dulu lagi. Selain itu, Jonan menganggap sistem ticketing KAI saat ini sangatlah baik sehingga Jonan menolak operasional KA Sapujagat untuk mengangkut penumpang.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhidin Muhamad Said mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan dan PT KAI untuk mengoperasikan kembali KA Sapujagat untuk angkutan mudik dan balik tahun ini. Dia menilai keberadaan KA Sapujagat saat angkutan mudik dan balik lebaran sangatlah penting mengingat minat pemudik menggunakan kereta api meningkat tiap tahunnya.

KA Sapujagat sendiri merupakan Kereta Luar Biasa atau KLB yang biasa beroperasi ketika arus mudik dan balik lebaran. KLB ini biasanya terdiri atas kereta-kereta barang parcel atau B dan beberapa K3 yang disusun sedemikian rupa untuk mengangkut pemudik yang tidak terangkut kereta reguler. KA Sapujagat terakhir beroperasi pada arus mudik tahun 2009 sebelum diterapkannnya sistem ticketing online pada kereta api.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment