testimoni

testimoni

Re-Gauge Jalur Kereta Api di Sakhalin Dipercepat

Konstruksi re-gauge jalur kereta api di Sakhalin

[21/6/16]. Konstruksi re-gauge jalur kereta api di Sakhalin yang dilakukan oleh Pemerintah Federasi Russia dipercepat. Seperti dilansir dari Railway Gazette, percepatan pembangunan ini dilakukan menjelang purna tugasnya lokomotif D2 buatan Fuji Heavy Industry peninggalan Jepang buatan tahun 1982.

Re-gauge ini dilakukan dengan mengganti gauge standar Jepang (1067 mm) ke gauge standar Federasi Russia (1520 mm). Re-gauge dilakukan sejak 2003 dengan menggunakan bantalan kereta yang mengakomodir penggunaan double gauge 1067 mm dan 1520 mm agar ketika proses konstruksi berlangsung, operasional kereta api masih bisa berlangsung.

Re-gauge ini akan dilakukan selama 2 tahun melalui 2 tahap. Tahap pertama akan dilakukan mulai musim panas 2017 selama 3 bulan sejauh 630 kilometer dari Kholmsk ke Nogliki lewat Arsentevka. Tahap kedua dilakukan pada 2018 sejauh 157 kilometer dari Arsentevka ke Korsakov.

Sakhalin atau dalam Bahasa Jepang disebut Karafuto atau Saharin, merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah timur Russia dan tepat berada di utara Hokkaido. Pulau ini sempat menjadi sengketa antara Jepang dan Russia sejak 1855 hingga 1945. Pulau ini sempat dikuasai oleh Jepang. Jadi tidak heran mengapa gauge rel di sini sama seperti di wilayah lain di Jepang.

Sebelum akhirnya, pada tahun 1945 pulau ini jatuh ke tangan Russia dalam penyerangan Sakhalin Selatan yang berakhir dengan pengusiran warga Jepang dari pulau itu.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment