testimoni

testimoni

Selamat Jalan JR 485



[20/6/16]. Hari ini (19/6), merupakan hari terakhir berdinas bagi sang legenda Sendai, JR 485 series. KRL yang identik dengan livery merah-krem ini mengakhiri masa tugasnya setelah 51 tahun mengabdi untuk Japan Railway. Dengan berakhirnya operasional JR 485 series ini, maka berakhir pula era berdinasnya rangkaian-rangkaian KRL klasik eks. Japan National Railway atau JNR.

Last run sebenarnya dimulai sejak hari Sabtu (18/6) kemarin. Last run dimulai dengan dia berdinas Hibari Express dari Sendai ke Koriyama. Dilanjutkan dengan Express Aizu dari Wakamatsu ke Koriyama di hari yang sama. Lalu pada tanggal 19, dia berdinas melayani perjalanan Limited Express Tsubasa dari Fukushima ke Yamagata, dan kembali ke Sendai di hari yang sama.


Perjalanan terakhir JR 485 series ini juga dilepas oleh ratusan railfans yang datang dari penjuru Jepang, baik yang naik perjalanan terakhir ini, maupun yang hanya sekedar mengabadikan momen terakhir berdinasnya KRL ini untuk dikenang.

Para railfans berkumpul di Sendai untuk melihat prosesi keberangkatan terakhir JR 485 series ini sebagai Hibari Express. Kamera mereka selalu siap untuk mengabadikan detik-detik terakhir Hibari Express ini berangkat. Bahkan sampai ada seorang railfans yang membawa poster bergambar JR 485 dengan tulisan "arigatou 485 series".

Poster bertuliskan "arigatou 485 series" yang dibawa oleh salah seorang railfans

Pelepasan ini juga diwarnai dengan atraksi tarian tradisional Jepang. Ketika petugas memberikan semboyan aman kepada Hibari Express, klakson panjang dibunyikan oleh masinis. Saat kereta berjalan, para railfans dengan kompak berteriak "arigatou" sebagai tanda perpisahan mereka kepada legenda JNR ini.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo




About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment