testimoni

testimoni

Apakah Arti Penomoran di Sambungan Kereta Ini?

Penomoran yang ada di sambungan kereta
photo by: Karsono Puguh
Beberapa dari anda mungkin memperhatikan kode dan penomoran di sambungan kereta seperti ini. Sebagian dari anda yang memperhatikan (atau tidak sengaja memperhatikan) pasti bertanya-tanya apa arti dari kode dan penomoran inu.

Pengkodean dan penomoram di sambungan kereta ini dimaksudkan untuk mengkodekan aset juga posisi kereta dalam satu rangkaian. Pengkodean aset itu untuk menunjukan kereta itu merupakan rangkaian kereta utama atau cadangan. Apabila kereta merupakan kereta cadangan maka hanya akan dituliskan kode dipo induk dan kode kereta akan dituliskan kode CAD yang berarti cadangan.

Namun apabila rangkaian merupakan rangkaian reguler dan rutin beroperasi, maka akan dituliskan kode sebagai berikut.  

Contoh kode untuk kereta reguler
photo by: Yan Ardiansyah

  1. SDT= Kereta ini milik Dipo Kereta Sidotopo
  2. 1    = Urutan TrainSetnya adalah 1. Maksudnya adalah penempatan kereta ini diletakkan di set               nomer1 milik Dipo Sidotopo
  3. 2    = Urutan keretanya adalah 2. Maksudnya adalah kereta ini merupakan kereta 2 dalam satu               rangkaian
  4. 9    = Jumlah SF di mana kereta ini disertakan sejumlah 9 kereta.

Tujuan dibuatnya penomoran ini adalah untuk mempermudah proses identifikasi dan penempatan kereta sehingga posisi kereta tidak teracak-acak dan pasti sehingga tidak  menyebabkan rangkaian menjadi tumpang atau bahkan bisa saja menyebabkan masalah pada kereta seperti masalah pada kelistrikan hingga anjlok.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment