testimoni

testimoni

CRRC Memulangkan 35 Unit Rangkaian MRT Singapura

Rangkaian SMRT saat sedang diangkut menggunakan truk trailer menuju pelabuhan untuk dipulangkan kembali
State Times Review

[6/7/16]. CRRC Qingdau Sifang memulangkan secara diam-diam 35 unit rangkaian Singapore Mass Rapid Transit (SMRT) seri C151A kembali ke pabriknya di Tiongkok. Seperti dilansir dari State Times Review, pemulangan rangkaian ini dilakukan secara diam-diam dari Dipo SMRT Bishanpada tanggal 12 Juni tengah malam menggunakan truk trailer dengan pengawalan polisi.

Rangkaian yang dinaikkan ke atas truk ini ditutupi terpal untuk menutupi kereta itu. Kereta yang diangkut truk ini tiba di Pelabuhan Jurong sekitar pukul 3 waktu Singapura atau pukul 2 waktu Jakarta. Rangkaian selanjutnya dinaikkan ke kapal untuk dibawa ke pabriknya di Qingdau, Tiongkok, 

Pemulangan ini dilakukan akibat seringnya rangkaian ini mengalami gangguan setelah beroperasi di SMRT sejak 2011 lalu. Rangkaian C151A ini memang memiliki kualitas perakitan yang sangat buruk. Pada 2011, salah satu baterai kereta buatan Tiongkok ini meledak saat sedang diperbaiki. Namun beruntung tidak ada korban luka maupun meninggal dalam peristiwa ini.

Lalu pada Desember 2011, gangguan serius terjadi pada rangkaian C151A di jalur North-South Line. Pada 2013, ditemukan retakan besar pada salah satu rangkaian kereta. Retakan itu ditemukan di bagian bawah lantai kereta, di tempat menempelnya peralatan dan kabel di bawah lantai kereta. Selain itu juga ditemukan masalah pada sistem bolster yang menghubungkan bogie dengan badan kereta.

Perjalanan dari Singapura menuju Tiongkok ditempuh selama kurang lebih setengah bulan. Sesampainya di pabrik, komponen-komponen dari rangkaian C151A ini dibongkar dan dipindahkan ke badan kereta baru akibat retakan yang ada pada badan kereta yang lama.

Rangkaian yang telah tiba di pabrik CRRC Qingdau Sifang
Hongkong Free Press

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment