testimoni

testimoni

Kesepakatan Pembangunan Kereta Cepat Malaysia-Singapura Ditandatangani

ilustrasi
Jafrianews

[19/7/16]. Rencana pembangunan jalur kereta cepat lintas negara di Asia Tenggara sepertinya sudah mulai menemui titik terangnya. Dilansir dari laman Today Online, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long akan bertolak menuju Putrajaya, Malaysia pada hari Selasa (19/7) ini guna menandatangani MOU atau nota kesepakatan pembangunan kereta cepat Kuala Lumpur-Singapura dengan pihak Malaysia.

Nantinya MOU ini akan ditandatangani oleh Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan dan salah seorang menteri dari kabinet Perdana Menteri Dato' Abdul Rahman Dahlan. Pihak Kantor Perdana Menteri Singapura mengatakan bahwa proyek kereta cepat ini merupakan proyek kunci dalam menjaga hubungan bilateral kedua negara.

Pihak Kantor Perdana Menteri juga mengatakan apabila proyek ini telah rampung maka akan mempercepat waktu tempuh perjalanan darat dari Kuala Lumpur ke Singapura. Selain itu, rampungnya proyek ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kedua negara.

Jalur kereta cepat ini nantinya akan membentang sejauh 350 kilometer dari Stasiun Bandar Malaysia di Kuala Lumpur sampai Stasiun Jurong East di Singapura. Akan ada lima perhentian di sepanjang perjalanan dari Bandar Malaysia sampai Jurong East, yakni Seremban, Ayer Keroh, Muar, Batu Pahat, dan Iskandar Puteri.

Sebelumnya pada 2013 lalu, kedua belah negara sepakat untuk membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan Malaysia dengan Singapura. Kereta cepat ini dapat mempercepat waktu tempuh antara Kuala Lumpur ke Singapura hingga hanya 90 menit saja dari sebelumnya 4 jam jika menggunakan mobil.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment