testimoni

testimoni

Korea Selatan Memperkenalkan Lampu Penanda Ibu Hamil di Kereta Bawah Tanahnya

Lampu penanda kehadiran ibu hamil yang ditempatkan di kereta bawah tanah Busan
ecnmag
[18/7/16]. Anda ibu yang sedang hamil? Apakah anda sering kesulitan untuk mendapatkan tempat duduk prioritas di dalam kereta? Hal inilah yang banyak dikeluhkan oleh para ibu yang sedang hamil muda. Para ibu yang hamil terutama yang sedang dalam tahap awal kehamilan seringkali kesulitan mendapatkan tempat duduk karena banyak ibu hamil yang terlihat biasa-biasa saja sehingga sulit orang lain mengetahui dia hamil atau tidak.

Hal inilah yang disadari oleh Badan Urusan Transportasi Korea Selatan. Badan Urusan Transportasi Korea Selatan menciptakan sebuah sensor penanda kehadiran ibu hamil di dalam kereta. Tujuannya agar orang-orang yang duduk di bangku prioritas bisa mengetahui adanya bumil dalam kereta dan memberikan tempat duduk kepada ibu hamil tersebut.

Bentuk alarm ini sangatlah sederhana. Berbentuk sebuah lampu LED yang menyala berkedip-kedip ketika ada ibu hamil di dekat bangku prioritas. Para ibu hamil diberikan sebuah alat yang diberi nama Beacon yang terhubung dengan smartphone dan memancarkan sinyal bluetooth. Lampu LED dilengkapi dengan sensor bluetooth yang akan menangkap sinyal bluetooth dari Beacon dan menyalakan lampunya.

Sinyal bluetooth dari Beacon akan ditangkap oleh sensor dari jarak sejauh 2 meter dari bangku prioritas. Lampu yang menyala akan memberitahu penumpang yang duduk sehingga mereka bisa berdiri dan memberikan tempat duduknya kepada ibu hamil.

South Korean transport authorities have installed a bluetooth alert system in subways, where passengers are urged to give up their seats when pregnant women get on a train. http://reut.rs/29zMJga
Dikirim oleh Reuters pada 7 Juli 2016

Saat ini, lampu penanda ini sedang diujicoba di kereta bawah tanah yang beroperasi di kota terbesar kedua di Korea Selatan, Busan. Banyak ibu hamil terutama yang sedang dalam tahap awal merasa terbantu dengan adanya lampu penanda ini. Nantinya apabila uji coba ini berjalan sukses, lampu penanda ini akan dipasang di semua kereta metro, komuter, dan bis kota yang ada di Korea Selatan pada akhir tahun ini.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Reuters 

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Kalau di kita si penumpang jg gak mau beranjak semisal sdh ada tanda lampu spt ini juga, PKD-lah yang bertindak...

    ReplyDelete