testimoni

testimoni

Nigeria Membuka Jalur Kereta Api Pertamanya

Presiden Nigeria saat berpidato membuka jalur kereta api Abuja-Kaduna
Railway Gazette
[27/7/16]. Masyarakat Nigeria sepertinya bisa merasa sedikit berbahagia. Pasalnya, negara mereka akhirnya kembali memiliki jalur kereta api sendiri. Dilansir dari Railway Gazette, pembukaan kembali jalur pertama ini dilakukan secara langsung oleh Presiden Nigeria Muhammad Buhari pada hari Selasa (26/7) kemarin.

Jalur sejauh 170 kilometer yang membentang dari ibukota Nigeria, Abuja, sampai kota terbesar keempat di Nigeria, Kaduna. Ada 10 stasiun perhentian di sepanjang jalur ini, termasuk stasiun transit di Idu, 20 kilometer di selatan Abuja yang nantinya akan jadi stasiun transit untuk kereta ringan menuju bandara yang akan dikerjakan pada Desember 2017 mendatang. Di jalur ini kereta dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. 

Uji coba jalur ini sudah dilakukan sejak 15 Juni 2016 lalu dengan menggunakan rangkaian kereta seri N500 untuk kelas standar, dan rangkaian seri N900 untuk kelas bisnis yang baru saja diperkenalkan kepada publik. Selama masa percobaan, kedua kereta dioperasikan untuk umum secara gratis. Senator Presiden Dr. Abubakar Bukola Saraki mengatakan proyek jalur kereta ini turut menjembatani kesenjangan infrastruktur yang terjadi di Nigeria.

Rangkaian kereta buatan Tiongkok yang digunakan oleh Nigeria
Railjournal
Proyek jalur ini sudah dikerjakan sejak tahun 2009 lalu oleh perusahaan konstruksi asal Tiongkok, China Civil Engineering Corp. Awalnya jalur ini ditargetkan selesai pada 2014, namun tertunda akibat permasalahan pendanaan dari pemerintah. Hingga akhirnya proyek kembali dilanjutkan pada 2013. Tiongkok juga menyuplai sejumlah sarana seperti kereta, gerbong, dan lokomotif.

Selain membangun jalur ini, pihak Tiongkok juga turut merehabilitasi sejumlah jalur dengan lebar gauge 1067 milimeter yang ada. Tiongkok juga membangun kembali jalur kereta nasional sejauh 1.315 km dengan lebar gauge 1435 mm selama 25 tahun. Proyek ini dimulai dari jalur kereta api ganda Lagos ke Abuja dan berakhir di Kano.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. hebat nigeria walaupun punya PDB kecil tetapi mampu menyelesaikan mega proyek nga seperti negara tercinta RI jalur kereta uda kuno dari jaman belanda, sampah yg pimpin negeri ini

    ReplyDelete