testimoni

testimoni

Railbus Mak Buih akan Beroperasi Agustus

Railbus Mak Buih
photo by: Maulana Nur Achsani

[15/7/16]. Anda warga Kayutanam? Ada sedikit kabar gembira bagi anda yang membutuhkan akses transportasi yang cepat dan murah untuk menuju ke ibukota Sumatera Barat, Padang. Railbus yang biasa disebut oleh masyarakat Sumbar dengan sebutan "Mak Buih"ini akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

Dilansir dari laman Lukipos, hal itu disampaikan oleh Kepala Divisi Regional 2 Sumatera Barat Sulthon Hasanudin. Sulthon mengatakan bahwa PT KAI Divre 2 Sumbar sudah meneken kontrak dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada 18 Juni lalu. Direncanakan railbus ini akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang.

Uji coba operasi railbus ini pun sudah dilakukan pada Selasa (12/7) kemarin. Uji coba dilakukan dengan melakukan perjalanan dari Padang ke Lubuk Alung dan berbelok ke Kayu Tanam. Uji coba ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan jalur dan armada kereta supaya bisa dioperasikan pada bulan Agustus. 

baca juga: Railbus Padang "Mak Buih" Akan Dipulangkan ke Tanah Jawa

Uji coba ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Divre 2 Sumatera Barat dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Kadishubkominfo) Sumatera Barat. Uji coba ini berjalan dengan kecepatan 40 km/jam dari Padang hingga Kayu Tanam.

Rencananya, Railbus Mak Buih ini tidak beroperasi sebagai rangkaian reguler. Melainkan hanya sebagai feeder untuk kereta api Sibinuang. Jadi nantinya railbus ini akan beroperasi sebagai feeder atau jemputan bagi penumpang Sibinuang yang hendak menuju Kayu Tanam maupun sebaliknya. Nantinya penumpang akan transit di Stasiun Lubuk Alung. Akan ada 4 perjalanan railbus yang menyesuaikan waktu perjalanannya dengan perjalanan KA Sibinuang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment