testimoni

testimoni

Rute Airport Railink Service Kualanamu akan Diperpanjang ke Binjai

Kaskus
[17/7/16]. Anda warga Binjai yang membutuhkan akses transportasi yang ceoat menuju Bandara Kualanamu? Kini anda tidak perlu risau lagi. Karena rencananya kereta api Bandara Kualanamu akan diperpanjang perjalanannya sampai Stasiun Binjai.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melalui fanpage resminya di Facebook pada saat melakukan kunjungan ke Bandara Kualanamu dan menaiki ARS ke Medan pada hari Sabtu (16/7) kemarin.

Di atas KA Bandara Kualanamu-Medan, Sabtu, 16/7, siang. Pelayanan KA Bandara akan diperpanjang hingga Binjai, 21 Km dari...
Dikirim oleh Ignasius Jonan pada 16 Juli 2016

Seperti dilansir dari Liputan6, nantinya akan ada sejumlah proyek yang dilakukan guna mendukung perpanjangan rute ARS Kualanamu sampai Binjai. Seperti revitalisasi jalur antara Medan-Binjai sejauh 25 kilometer dan pembangunan peron serta gedung loket khusus untuk penumpang ARS yang naik dari Binjai seperti yang ada di Stasiun Medan.

Selain kedua proyek itu, ada juga proyek untuk mempercepat perjalanan ARS ini. Yakni pembangunan jalur layang di dalam Kota Medan. Jalur layang sejauh 8 kilometer ini nantinya akan melintas di tengah Kota Medan . Jalur layang ini akan dimulai dari Stasiun Bandarkalipah sampai Stasiun Medan.

Peron ARS di Stasiun Medan setelah dibangunnya jalur layang ini sendiri akan ditempatkan di lantai 3 Stasiun Medan. Tujuan dibangunnya jalur layang ini adalah untuk menghindarkan KA Bandara dari perlintasan sebidang sehingga perjalanan semakin lancar. Selain itu, pembangunan jalur layang ini juga dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan akibat perlintasan sebidang yang ada di Kota Medan. Pembangunan jalur layang ini akan dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian.

Namun lain halnya dengan pembangunan jalur layang Manggarai-Jakarta Kota yang mematikan jalur lamanya, jalur lama yanga ada dibawah akan tetap dipertahankan untuk perjalanan kereta api reguler seperti Sri Bilah, Siantar Express, Putri Deli dan kereta-kereta barang seperti kurs CPO. Jadi jalur layang ini dikhususkan untuk ARS saja. (sorry about that)

Dirut Railink Heru Kuswanto mengatakan bahwa perpanjangan rute ini akan memperpanjang jarak perjalanan ARS dari sebelumnya hanya 25 kilometer menjadi 50 kilometer. Heru juga mengatakan perpanjangan rute ini ditargetkan beroperasi pada semester 2 tahun 2017 mendatang.

Menhub Ignasius Jonan mengatakan setelah perpanjangan rute ARS Kualanamu sampai Stasiun Binjai, nantinya akan menyusul pengoperasian ARS di Bandara Minangkabau di Padang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Selain itu, juga ada rencana untuk membangun jalur ARS dari Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo.

baca juga: Airport Railink Service Akan Hadir di Kota Solo


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment