testimoni

testimoni

Tiang Pancang Jalur LRT Telah Berdiri di Cibubur

Tiang-tiang pancang jalur LRT Cawang-Cibubur yang mengikuti ruas Tol Jagorawi di daerah Kampung Malaka, Cibubur, Jakarta Timur, 7 Juli 2016
[7/7] - Tiang-tiang pancang yang akan digunakan untuk jalur kereta api ringan (light rail transit - LRT) sudah berdiri di samping ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) di Cibubur. Tiang-tiang ini merupakan tiang pancang yang nantinya akan menjadi jalur LRT Jabodetabek koridor Cawang-Cibubur-Bogor Baranangsiang.

Koridor Cawang-Cibubur sendiri merupakan paket pembangunan LRT tahap 1 yang digarap oleh PT Adhi Karya Tbk (ADHI), yang dibangun bersamaan dengan koridor Dukuh Atas-Bekasi Timur. ADHI sendiri akan membangun 7 jalur yang terbagi dalam 2 koridor besar barat-timur dan utara-selatan, yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, Cibubur-Bogor Baranangsiang, dan Palmerah-Grogol. Beberapa ruas nantinya akan menggunakan tiang pancang lama yang sebelumnya akan digunakan untuk proyek monorel yang pada akhirnya dibatalkan.
Rencana jalur LRT yang akan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta (SINDO)
Seluruh jalur LRT yang digarap oleh ADHI ini dibangun elevated dengan ketinggian antara 9-12 meter di atas permukaan tanah dengan menggunakan sistem konstruksi precast yang akan diproduksi oleh anak usaha ADHI. Elevated system tersebut tidak mengganggu ketentuan ruang terbuka hijau, dengan tetap berfungsi sebagai ruang hijau, Selain itu, bagian yang menggunakan jalur tepi jalan tol telah mendapatkan ijin prinsip dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Setelah pembangunan LRT tahap 1 rampung, ADHI akan menggarap LRT tahap 2, yaitu meneruskan jalur layang LRT ke selatan dari Cibubur ke Bogor Baranangsiang, dan ke barat daya dari Dukuh Atas ke Palmerah dan Senayan. Lebar jalur yang akan digunakan untuk seluruh LRT ADHI adalah lebar jalur internasional, yaitu 1435 mm (4 kaki 8 inci). ADHI juga akan membangun dipo untuk LRT di Bekasi Timur.
Jalur LRT antar kota yang akan dibangun oleh PT Adhi Karya Tbk (Wikipedia)
LRT di Jabodetabek dibangun oleh 2 institusi berbeda. Pemprov DKI Jakarta membangun LRT dalam kota, yang direncanakan terdiri dari 7 rute, dengan pembangunan tahap pertama pada koridor 1 Kelapa Gading-Rawamangun. Sedangkan ADHI membangun LRT antar kota yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor dan Bekasi. Selain di Jabodetabek, LRT juga telah dimulai pembangunannya di Palembang, Sumatera Selatan, yang akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin 2 (IATA: PLM) dengan Kompleks Olahraga Jakabaring. LRT juga direncanakan akan dibangun di kota-kota besar lain seperti Bandung, dengan rute Tegal Luar-Dago yang digadang-gadang sebagai koridor pertamanya.

RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment