testimoni

testimoni

Tokyo Metro 500 dari Argentina Pulang Kembali ke Jepang

Tokyo Metro 500 semasa masih beroperasi di Rute B Buenos Aires Subway
Skycrapercity
[20/7/16]. Setelah lebih dari 20 tahun merantau dan hidup sebatang kara di kampung halamannya Lionel Messi, Argentina. Akhirnya Tokyo Metro 500 eks. Marunochi Line yang dioperasikan oleh Buenos Aires Subway kembali ke kampung halamannya di Jepang. Seperti dilansir dari laman resmi Tokyo Metro, rangkaian tiba di Pelabuhan Yokohama pada 11 Juli lalu.

Pengiriman menggunakan kapal roro berbendera Korea Selatan. Proses penurunannya hampir sama seperti penurunan CC 206 di Tanjung Priok beberapa waktu lalu. Kereta sudah ada diatas trailer selama di kapal jadi tidak perlu diangkat dengan crane, trailer bisa langsung ditarik keluar kapal menggunakan truk.

Nantinya rangkaian Tokyo Metro 500 eks. Marunochi Line yang diambil dari Argentina berjumlah 4 kereta ini akan dibawa ke Dipo Nakano. Di Nakano rangkaian akan menjalani revitalisasi dan perbaikan seperti perbaikan bodi, rangka, dan lain sebagainya. Setelah menjalani perbaikan nantinya rangkaian ini akan disimpan dan dipajang sebagai media edukasi perkembangan perkeretaapian di Jepang terutama di Tokyo Metro.

Tokyo Metro 500 saat diturunkan dari atas kapal pada 11 Juli kemarin
Tokyo Metro
Rencana pemulangan Tokyo Metro atau Eidan 500 ini sudah berhembus sejak awal tahun lalu. Pemulangan ini bisa dibilang merupakan kali pertama bagi Jepang untuk mengambil kembali rangkaian kereta yang sudah mereka kirim ke luar negeri. Pengiriman kembali rangkaian ini dari Argentina ke Jepang adalah untuk menyelamatkan spesies Eidan 500 yang masih tersisa. Terlebih setelah munculnya thread dijualnya rangkaian Eidan 500 di sebuah situs penjualan barang bekas di Argentina seharga 12.000 USD per unitnya.

  
Eidan 500 sendiri pertama kali beroperasi pada tahun 1954 di Eidan Chikatetsu (Tokyo Metro) Marunochi Line menggunakan Listrik Aliran Bawah (LAB). Pada tahun 1996, KRL ini dikirim ke Argentina karena digantikan oleh Tokyo Metro 02. Selama di Argentina, KRL ini beroperasi di rute B Buenos Aires Subway.

KRL ini beroperasi di Buenos Aires selama kurang lebih 16 tahun lamanya. Sampai pada akhirnya KRL ini dipurnatugaskan pada tahun 2013 setelah digantikan oleh rangkaian CAF 5000 dan CAF 6000 eks. Madrid Metro. Setelah digantikan oleh CAF 5000 dan CAF 6000, rangkaian Tokyo Metro 500 ini pun mangkrak dan rusak.

CAF 6000 eks. Madrid Metro yang menggantikan tugas Tokyo Metro 500 di Buenos Aires Subway Rute B
Wikipedia
RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment