testimoni

testimoni

Akibat Taifun, Sejumlah Jalur Kereta Api di Hokkaido Ditutup karena Longsor dan Banjir

Tanah longsor yang terjadi di petak Shirataki-Engaru yang menyebabkan rel menggantung
Response
[25/8/16]. Taifun yang melanda pesisir Jepang selama beberapa hari ini menyebabkan hujan deras dan angin kencang di sejumlah wilayah di Jepang. Taifun yang terjadi di sejumlah wilayah Jepang menyebabkan sejumlah akses transportasi terputus, tak terkecuali dengan kereta api. Setelah sebelumnya sejumlah perjalanan KRL di Tokyo dihentikan akibat badai, kini sejumlah jalur kereta api di Hokkaido terpaksa ditutup akibat banjir dan tanah longsor yang menimpa beberapa jalur di Hokkaido.

Dilansir dari MyNavi, perjalanan kereta api di beberapa jalur seperti Sekihoku Main Line dan Senmo Main Line terpaksa ditutup sebagai dampak dari Taifun yang menimpa Hokkaido pada 24 Agustus lalu. Di Sekihoku Main Line tanah longsor terjadi di petak antara Shirataki dan Engaru serta petak antara Kamikawa dan Chuetsu.

Di petak Shirataki dan Engaru, tanah longsor menggerus bagian bawah rel sehingga menyebabkan rel kereta menggantung akibat railbed yang menjadi pondasi jalur habis terseret aliran sungai. Sedangkan tanah longsor yang terjadi di petak Kamikawa-Chuetsu memakan korban 1 unit Track Motor Car (TMC) yang kebetulan sedang melintas di sana.

Peristiwa ini terjadi pada saat TMC sedang melakukan inspeksi jalur rutin. Pada saat TMC melintas di sebuah seksi di petak antara Kamikawa-Chuetsu yang berada di pinggir sungai, tanah di bawahnya runtuh akibat tergerus aliran sungai yang sangat deras. Runtuhnya tanah menyebabkan jalur di atasnya ambruk dan menyebabkan TMC tersebut anjlok.

Satu unit TMC yang terjebak longsor di petak Kamikawa-Chuetsu di Sekihoku Main Line
MyNavi
Namun beruntung, TMC tersebut tersangkut di pilar-pilar besi yang berada di samping jalur sehingga TMC tersebut tidak jatuh ke aliran sungai. Akibat peristiwa ini 3 orang kru TMC mengalami luka-luka.

Sedangkan di jalur Senmo Main Line, banjir merendam petak sejauh 70 meter di petak antara Stasiun Kayanuma dengan Stasiun Toro. Banjir terjadi di tiga titik di petak ini yang disebabkan oleh sungai yang meluap akibat hujan deras yang menimpa Hokkaido selama 2 hari belakangan ini.  

Tak hanya di kedua jalur itu, gangguan juga terjadi di sejumlah jalur lainnya di Hokkaido. Seperti Hidaka Main Line terdapat kabel putus di petak antara Mukawa-Shiomi. Di Nemuro Main Line, sungai yang meluap di petak antara Ochiai-Kamiochiai menggenangi jalur sehingga jalur terpaksa ditutup untuk sementara waktu.  


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment