testimoni

testimoni

Bagaimana Caranya Monorail Berpindah Jalur?



Monorail atau kereta rel tunggal. Kereta ini merupakan rangkaian kereta yang berjalan dengan rel tunggal alias hanya menggunakan satu jalur saja. Kebanyakan monorail menggunakan ban karet sebagai penggerak utamanya. Hal ini dikarenakan monorail berjalan diatas jalur beton sehingga ban karet dapat mengurangi resiko suara bising atau merusak jalur beton yang menjadi tumpuannya.

Posisi ban karet pada monorail ditempatkan seperti memeluk jalur beton supaya bisa memberikan arahan dan mencegah monorail jatuh ke bawah. Dengan monorail yang hanya menggunakan satu jalur anda pasti bertanya-tanya bagaimana caranya mereka berpindah jalur? 

Karena seperti kita ketahui jalur monorail tidak selamanya lurus mulus begitu saja seolah tanpa akhir, pasti ada kalanya monorail menemui stasiun terminus yang memiliki jalur badug sehingga ketika monorail sampai di stasiun akhir monorail harus bisa berpindah jalur supaya bisa kembali ke jalur yang benar. Sedangkan dengan rel tunggalnya, sangat tidak mungkin menggunakan wesel selayaknya kereta biasa yang menggunakan 2 batang rel dan beroda besi.

Untuk memindahkan jalur monorail ada semacam alat seperti wesel yang bernama switch. Nah fungsi switch ini hampir sama seperti wesel, yakni untuk memindahkan jalur kereta. Ada beberapa macam switch yang digunakan oleh sejumlah monorail di beberapa negara di dunia.

Yang pertama adalah segmented switch. Switch ini adalah yang paling banyak digunakan oleh jalur monorail di dunia. Sistem switch ini bekerja dengan cara membengkokkan dan menyatukan dua jalur yang terpisah dan membentuk sebuah tikungan berkelok sehingga monorail dapat berpindah jalur dengan mudah. 



Lalu yang kedua adalah suspended monorail switch. Sistem yang ini bisa digunakan oleh monorail yang menggunakan sistem suspended rail alias rel gantung. Cara kerjanya sangatlah sederhana, di percabangan jalur akan ada sebuah rel di tengah-tengahnya, nah supaya monorail bisa berpindah jalur maka rel akan bergeser mengikuti arah monorail berbelok. Sistem ini hanya digunakan di dua jalur monorail di dunia, yakni di Wuppertal Suspended Monorail di Berlin, Jerman, dan di Shonan Suspended Monorail di Chiba, Jepang.

Cara kerja Suspended Monorail Switch
Citytransport.info

Yang ketiga adalah Beam Replacement Switch. Switch yang ini bekerja dengan cara menggantikan jalur dari lurus ke belok atau sebaliknya sesuai dengan arah kereta. Jadi ada dua jalur yang bercabang, nah switch ini nantinya akan mengganti jalur dengan cara menggeser jalur utama ke jalur tujuannya. Salah satu jalur monorail yang menggunakan sistem ini adalah monorail di Walt Disney World dan monorail di Las Vegas.



Yang terakhir adalah Rotary Switch. Yang satu ini merupakan yang terunik dan yang paling simple diantara yang lain. Ada dua jalur yang saling bertumpukan, yakni jalur belok dan jalur lurus. Ketika monorail harus berpindah jalur, maka secara otomatis jalur akan berputar dan jalur langsung berpindah. Salah satu jalur yang menggunakan sistem ini adalah AirTrain Newark Monorail di Amerika Serikat.




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment