testimoni

testimoni

Kereta Berbentuk Aneh Menimbulkan Perdebatan di Kalangan Railfans Jepang

Kereta berbentuk aneh yang menjadi perdebatan di antara railfans Jepang
Twitter @YUMMYviolet

[9/8/16]. Kemunculan sebuah kereta dengan bentuk yang aneh menimbulkan perdebatan di kalangan railfans di Jepang. Bagaimana tidak? Bentuknya yang tidak lazim membuat siapapun bertanya-tanya kereta macam apa ini? Perdebatan berawal dari sebuah foto yang diposting oleh akun Twitter @YUMMYviolet. Sang pemilik akun memosting foto ini sembari bertanya kereta apa ini.
Dilansir dari Rocketnews24, rangkaian kereta ini sebenarnya merupakan rangkaian JR E491 yang biasa digunakan untuk inspeksi jalur. Kereta yang berbentuk aneh ini sebelumnya merupakan kereta penumpang biasa seri Ohafu 50 yang dimodifikasi sedemikian rupa supaya bisa digunakan untuk inspeksi jalur. Dahulu Ohafu 50 ini merupakan kereta penumpang biasa yang ditarik lokomotif.

Ohafu 50 sendiri merupakan rangkaian kereta penumpang buatan tahun 1977. Di awal operasinya, Ohafu 50 ini digunakan untuk kereta penumpang Chukuho Main Line-Geibi Line. Lalu pada 2003, satu kereta Ohafu 50 ini dimodifikasi menjadi kereta inspeksi dan diberi nomor MaYa 50 5000 dan dirangkaikan dengan rangkaian JR E491.

Bentuknya yang berkotak-kotak seperti benteng dengan meriam ini bukan diciptakan tanpa alasan. Di tiap kotak-kotak meriam terdapat sensor dan kamera yang berfungsi untuk mengecek kebersihan jalur dari gangguan-gangguan kecil yang menghalangi jalur, seperti misalnya benda yang menyangkut di LAA atau peron yang terlalu dekat sehingga dapat memastikan kebersihan jalur sebelum dilintasi oleh kereta reguler.

Kereta ini juga dilengkapi dengan pembangkit diesel yang berfungsi untuk menyuplai listrik bagi kereta apabila kereta melakukan inspeksi di jalur yang tidak dialiri oleh LAA, persis seperti KRDE. Jadi bisa dibilang, rangkaian JR E491 ini merupakan rangkaian kereta hybrid karena memiliki dua sumber tenaga, yakni listrik LAA dan pembangkit diesel.


Rangkaian JR E491 ini memang terbilang jarang terlihat beroperasi pada jam-jam reguler. Wajar saja karena kereta ini biasanya beroperasi sebagai KLB inspeksi yang berjalan pada tengah malam setelah kereta terakhir hingga dini hari sebelum beroperasinya kereta pertama.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: