testimoni

testimoni

Kereta Wisata Four Season Island Diperlihatkan Kepada Publik

Kereta Wisata Four Season Island yang diperlihatkan kepada publik
Nikkei

[25/8/16]. Japan Railway East atau biasa disingkat JR East meluncurkan sebuah kereta wisata baru yang diberi nama Toransuitto Shiki Shima atau dalam Train Suite Four Season Island dalam Bahasa Inggris. Dilansir dari Nikkei, kereta wisata ini diperlihatkan kepada publik pada Rabu (24/8) kemarin. Kereta yang dibuat oleh Kawasaki Heavy Industry ini diperlihatkan di pabriknya di Hyogo, Kobe.  

Desain kereta ini memang terlihat sangat unik. Kereta ini memiliki jendela kabin masinis yang sangat lebar namun menekuk. Selain itu jendela kereta penumpangnya juga sama. Di kereta depan dan belakang jendelanya berbentuk segitiga berjejer ke atas. Jendela di kereta depan sengaja dibuat seperti itu agar penumpang bisa melihat pemandangan lebih luas dan lapang. Sedangkan pada kereta tengah, jendelanya berbentuk persegi empat besar dan kecil yang berjejer. 

Kereta ini juga memiliki fasilitas selayaknya yang ada di hotel bintang 5. Seperti tersedianya kamar tidur mewah dan kafetaria. Selain itu, interior kereta ini didominasi oleh ornamen kayu dan kertas. Penggunaan ornamen ini bertujuan untuk memberikan suasana yang mewah namun asri. Dan juga interior dengan ornamen kayu dan kertas bisa memberikan suasana selayaknya rumah tradisional Jepang.

Kereta wisata ini dapat beroperasi tanpa harus ditarik lokomotif. Kereta ini beroperasi menggunakan dua sumber tenaga, yakni listrik dari LAA dan diesel-elektrik. Tujuan digunakannya tenaga diesel elektrik ini adalah agar kereta dapat beroperasi di jalur yang tidak dialiri oleh LAA. 

Kereta ini rencananya akan beroperasi sebagai kereta sewa yang beroperasi di wilayah Hokkaido, Kanto, Tohoku, dan Joetsu selama 3 malam. Biaya sewanya dipatok 350.000 Yen dan rencananya kereta ini akan mulai beroperasi pada Mei 2017 mendatang.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment