testimoni

testimoni

KRL Commuter Line Bekasi Anjlok di Stasiun Jakarta Kota

KRL Commuter Line Bekasi yang anjlok di jalur 9 Stasiun Jakarta Kota
picture by: Falih Pratama via KRL Mania

[31/8/16]. Belum genap seminggu sejak anjloknya KRL Commuter Line Bogor-Duri yang dilayani oleh Tokyo Metro 05-004F di Stasiun Duri, kini anjlokan KRL kembali terjadi. Kali ini anjlokan terjadi pada KRL Commuter Line relasi Jakarta Kota-Bekasi. Anjlokan terjadi pada pukul 10.15 pada KA 1338 relasi Jakarta Kota-Bekasi.

Anjlokan terjadi pada saat rangkaian melintas di wesel yang berbelok dari jalur 9 Stasiun Jakarta Kota menuju ke arah Bekasi. Rangkaian yang anjlok adalah set JR 203-109F. Kereta anjlok sebanyak 2 as tepat di kereta paling depan yakni kereta dengan nomor 202-109. Anjlokan juga menyebabkan kerusakan pada motor wesel akibat terlindas as roda yang anjlok.

Anjlokan ini sempat menyebabkan antrian kereta menuju Stasiun Jakarta Kota namun tidak mengganggu perjalanan karena KRL Bekasi-Jakarta Kota dan Bogor-Jakarta Kota masih bisa menggunakan jalur 10, 11, dan 12 Stasiun Jakarta Kota. KRL relasi Jakarta Kota-Tanjung Priok pun juga tidak terganggu perjalanannya karena KRL Priok menggunakan jalur 8 Stasiun Jakarta Kota. 

Kereta anjlok sebanyak 2 as
picture by: Falih Pratama via KRL Mania

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Seluruh penumpang KA 1338 telah dipindahkan dan diangkut menggunakan KRL selanjutnya untuk menuju Stasiun Bekasi. KRD NR milik Dipo Bukit Duri telah dikirimkan untuk mengevakuasi rangkaian yang anjlok. NR tiba di Jakarta Kota sekitar pukul setengah 12 siang. 

Pada pukul 13.05 proses evakuasi selesai. Rangkaian kereta telah kembali ke jalur dan berdasarkan informasi yang dihimpun dari grup WhatsApp Roker rencananya rangkaian JR 203-109F ditarik ke Dipo Depok untuk dilakukan perbaikan. Jalur 9 telah normal dan kembali bisa digunakan. Penyebab anjloknya kereta masih dalam proses investigasi oleh pihak terkait.

KRD NR dari Dipo Bukit Duri yang didatangkan untuk mengevakuasi rangkaian yang anjlok
picture by: Sony Herdianto via KRL Mania

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment