testimoni

testimoni

MRT Bangkok Purple Line telah Dibuka

MRT Bangkok Purple Line yang telah resmi beroperasi untuk umum
Railway Gazette

[9/8/16]. Warga Bangkok sepertinya bisa merasa sedikit berbahagia, pasalnya kali ini mereka memiliki akses transportasi baru untuk menuju ke pinggiran Kota Bangkok. Pada Sabtu (6/8) kemarin jalur Bangkok MRT Purple Line yang membentang dari Stasiun Khong Bang Pai sampai Stasiun Tao Poon resmi beroperasi.

Dilansir dari Railway Gazette, peresmian jalur MRT Purple Line ini dilakukan secara langsung oleh putri Kerajaan Thailand, Putri Sirindrom. Pembukaan jalur Purple Line disambut antusias oleh masyarakat Bangkok. Hal itu terbukti dengan membludaknya masyarakat yang ingin mencoba jalur MRT baru ini.

Antusiasme masyarakat yang ingin mencoba MRT Purple Line
Railway Gazette
Proyek pembangunan jalur MRT Purple Line ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Thailand dengan Pemerintah Jepang dalam hal ini, JR East. Pembangunan jalur ini sudah dilakukan sejak 2012 lalu dan rampung pada awal 2016 lalu. Rangkaian keretanya sendiri dibuat oleh J-TREC. Sebanyak 21 set kereta berbodi Stainless Steel dengan desain dasar Sustina dibuat oleh J-TREC untuk armada MRT ini. Satu set kereta ini terdiri atas 3 kereta. Rangkaian-rangkaian ini telah menjalani uji coba yang dilakukan pada Mei 2016 lalu.


Jalur Purple Line sendiri membentang sejauh 23 kilometer dari Stasiun Khong Bang Pai sampai Stasiun Tao Poon. Ada 16 stasiun perhentian di sepanjang jalur ini, termasuk 2 stasiun transit yakni Stasiun Nothanburi Civic Center (Pink Line) dan Tao Pun (Blue Line). Ditargetkan jalur Purple Line ini dapat mengangkut penumpang hingga 200.000 penumpang per hari, dan ditargetkans sebanyak 400.000 penumpang per hari pada 2019 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment