testimoni

testimoni

Pemerintah Thailand Menandatangani Memorandum Pembangunan Kereta Cepat dengan Jepang

HaiJepang

[12/8/16]. Pemerintah Thailand dan Pemerintah Jepang menandatangani nota kesepakatan atau memorandum pembangunan kereta cepat di Thailand. Dilansir dari Japantimes, memorandum ini ditandatangani oleh Menteri Transportasi Jepang Keiichi Ishii dan Menteri Transportasi Thailand Arkhom Termpittayapaisith pada Sabtu (6/8) kemarin. 

Memorandum ini menyatakan bahwa nantinya jalur kereta cepat yang akan dibangun di Thailand akan mengadopsi teknologi Shinkansen. Kedua negara akan menyusun rencana awal pembangunan jalur pada tahun depan setelah JICA menerbitkan laporan akhir hasil studi lapangan yang akan memakan waktu kurang lebih 6 bulan.

Jalur kereta cepat yang akan dibangun menghubungkan ibukota Thailand, Bangkok, dengan kota terbesar kedua di Thailand yang juga merupakan kota paling utara di Thailand, Chiang Mai sejauh 670 kilometer. Namun dalam tahap pertama pembangunan jalur ini, jalur yang akan dibangun membentang sejauh 380 kilometer dari Bangkok ke Phitsanulok.

Selain kereta cepat, kedua pihak juga setuju untuk membangun jalur kereta angkutan barang di wilayah Thailand disebut dengan Koridor Ekonomi Selatan. Koridor Ekonomi Selatan ini menghubungkan Provinsi Kanchaburi yang berbatasan dengan Myanmar dengan Provinsi Sa Kaeo yang berbatasan dengan Kamboja lewat Bangkok.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment