testimoni

testimoni

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Dilanjutkan Kembali


[5/7/16]. Setelah sekian lama terhenti dan tak ada kabarnya, kini ada kepastian kapan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilanjutkan kembali. Dilansir dari Detik Finance, hal ini disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno. Rini mengatakan bahwa secara keseluruhan proyek ini sudah bisa dikerjakan. Rini juga mengatakan mulai minggu depan proyek ini dapat dilanjutkan.

Sebelumnya, proyek kereta cepat ini sempat terhambat oleh perizinan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan. Menteri Perhubungan pada saat itu, Ignasius Jonan, tidak memberikan izin dibangunnya prasarana untuk kereta cepat ini. Namun saat ini, perijinan untuk dibangunnya kereta cepat telah rampung sehingga proyek pengerjaan bisa dilanjutkan kembali.

Selain itu, dengan rampungnya perijinan proyek kereta cepat ini, maka pencairan dana dari China Development Bank dapat dilakukan. Dana investasi yang dicairkan ini sebesar 5 Miliar Dollar Amerika untuk membangun jalur sejauh 142 kilometer dari Jakarta ke Bandung. Pencairan dana ini nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rampungnya perijinan pembangunan kereta cepat ini karena perusahaan kontraktor kereta cepat ini, PT Kereta Cepat Indonesia-China atau KCIC telah memenuhi prasyarat untuk menerbitkan perijinan pembangunan. 

Proyek kereta cepat ini sudah digroundbreaking pada tanggal 21 Januari 2016 lalu oleh Presiden Joko Widodo di Bandung. Proyek ini dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China yang merupakan hasil konsorsium antara 5 BUMN, yakni PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, PTPN II, PT LEN, dan PT INKA dengan perusahaan kereta cepat asal Tiongkok, China Railway Highspeed (CRH).


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment