testimoni

testimoni

Ujicoba Rangkaian 6117F Setelah Adaptasi Lingkungan

Ujicoba rangkaian 6117F melintasi daerah Cilebut
Hanya berselang 2 hari dari ujicoba sebelumnya, tepat seminggu setelah sang kakak tertua diujicobakan, rangkaian ke-3 dari 6 rangkaian KRL eks Tokyo Metro seri 6000 pengadaan tahun fiskal 2016, 6117F, diujicobakan di lintas selatan Jabodetabek.

Menggunakan jadwal yang sama seperti jadwal sang kakak tertua minggu lalu, 6117F dijadwalkan berangkat dari Stasiun Depok pukul 11 pagi, dan akan kembali lagi ke Stasiun Depok sebelum pulang ke Dipo Depok pukul setengah 2 siang. Seperti 6108F, adaptasi lingkungan pada rangkaian ini sudah rampung. Bahkan pada rangkaian ini sudah menggunakan signage kereta khusus wanita.
6117F di Stasiun Manggarai (Lukman)
Rangkaian ini di Jepang mulai berdinas pada tanggal 6 September 1972, dan mengalami refurbishment pada tanggal 18 September 1998. Pada awalnya, rangkaian ini menggunakan sistem traksi AVF-Chopper, namun sejak refurbishment sistem traksi rangkaian ini diganti menjadi VVVF 3-phase buatan Hitachi seperti rangkaian 6108F. Hitachi merupakan pabrikan yang sama yang mensuplai sistem traksi untuk 24 unit KRL ekonomi yang dibuat tahun 1997 oleh INKA.
Sudah menggunakan signage KKW (Adnan)
Menjelang akhir dinasnya di Jepang, rangkaian ini sempat mengalami sebuah insiden bunuh diri yang mengakibatkan pintu daruratnya mengalami kerusakan, sehingga harus diganti. Namun, pengiriman rangkaian ini sendiri bukanlah sebagai keinginan dari Tokyo Metro untuk "membuang sial", karena rangkaian ini (beserta 6101F, 6108F, 6116F, dan 6118F) memang sudah dijadwalkan untuk diberhentikan dari operasional sejak pertengahan tahun 2015 yang lalu, sehingga insiden yang terjadi tersebut merupakan sebuah hal yang kebetulan terjadi menjelang akhir masa dinas 6117F.

Dengan diujicobakannya rangkaian 6117F ini, maka ke-3 rangkaian KRL seri 6000 tahap pertama seluruhnya sudah diujicobakan secara internal. Ke-3 rangkaian ini masih harus diujicobakan lagi bersama Kementerian Perhubungan untuk proses sertifikasi rangkaian, sebelum akhirnya bisa berstatus siap operasi dan menjalani debut di Indonesia.

RE Digest | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment