testimoni

testimoni

4 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta Api di Barat Laut Spanyol

Kecelakaan kereta yang terjadi di Barat Laut Spanyol
CNN
[10/9/16]. Kecelakaan kereta api kembali terjadi di Eropa. Kali ini kecelakaan terjadi di sebuah kota kecil di barat laut Spanyol dekat perbatasan dengan Portugal. Dilansir dari BBC, kecelakaan terjadi tepat sebelum masuk Stasiun O Porrino di sebelah selatan Kota Vigo, Wilayah Otonomi Galicia, Spanyol di dekat perbatasan dengan Portugal.

Kereta yang dioperasikan oleh operator asal Portugal Comboios de Portugal dengan relasi Vigo-Porto ini mengalami kecelakaan pada hari Jumat (9/9) pagi pukul 9.30 waktu Spanyol atau sekitar pukul 14.30 Waktu Indonesia Barat tepat sebelum memasuki Stasiun O Porrino. Kereta anjlok, terguling dan menabrak tiang penyangga listrik aliran atas (LAA). Kondisi kereta paling depan hancur nyaris tak berbentuk akibat kerasnya benturan.

Diduga sebelum menabrak tiang LAA, kereta sebelumnya juga sempat menabrak pilar jembatan yang berada tepat sebelum masuk stasiun. Perwakilan Perusahaan Manajemen Jalur Rel Adif mengatakan peristiwa ini terjadi tepat sebelum kereta masuk stasiun. 

Akibat peristiwa ini 4 orang tewas termasuk sang masinis, sedangkan 49 orang lainnya terluka. Para korban luka telah dievakuasi oleh pihak berwenang menuju rumah sakit terdekat dengan menggunakan helikopter dan ambulance. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh pihak Kementerian Transportasi Spanyol.

Ini merupakan kecelakaan kereta terburuk selama 3 tahun terakhir. Sebelumnya pada 2013 lalu juga terjadi kecelakaan kereta cepat di Galicia, lebih tepatnya di dekat Santiago de Compostela, 95,3 kilometer di utara Vigo. Dalam kecelakaan itu 80 orang tewas dan 144 lainnya terluka. Kecelakaan terjadi akibat masinis yang melanggar batas kecepatan hingga 2 kali lipat dari batas kecepatan aman.

Kecelakaan di O Porrino ini juga merupakan kecelakaan ketiga yang terjadi di dataran Eropa selama kurun waktu 3 bulan terakhir. Sebelumnya pada Juni lalu terjadi tabrakan antara sebuah kereta barang dan penumpang di Belgia yang menyebabkan 3 orang tewas. Pada Juli lalu, dua kereta penumpang bertabrakan di sebelah tenggara Italia. Kecelakaan di tenggara Italia itu menewaskan 23 orang dan melukai setidaknya 50 orang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment