testimoni

testimoni

Alstom dan SNCF akan Mengembangkan Generasi Baru dari TGV

ITEspresso

[8/9/16]. Perusahaan kereta api asal Prancis, Socialete Nationale des Chemins de fer Francais atau SNCF dan Alstom bekerjasama untuk mengembangkan generasi baru dari kereta cepat yang legendaris di Eropa, TGV. Dilansir dari Railway Gazette, kerjasama pengembangan TGV generasi baru itu ditandai dengan pembukaan ruang kerja bersama antara SNCF dan Alstom di Paris pada Rabu (7/9) kemarin.

Pembukaan ruang kerja bersama ini dilakukan oleh Direktur Utama Bidang Perjalanan SNCF Rachel Picard dan Direktur Alstom France Jean-Baptiste Eymeoud. Nantinya ruang kerja bersama ini akan diisi oleh 20 tim dari Alstom dan SNCF yang akan bekerjasama untuk mengembangkan generasi terbaru dari TGV.

SNCF sendiri menurunkan sekitar 250 orang staff dan teknisinya untuk bekerja dalam proyek ini. Termasuk menggunakan pusat permesinan SNCF yang ada di Le Mans. Sedangkan Alstom sendiri mengatakan bahwa hasil dari proyek ini dapat melengkapi "Jarak Avelia" mereka akan kereta berkecepatan tinggi. Proyek ini merupakan bagian dari program TGV di masa depan yang digagas oleh Pemerintah Prancis. 

TGV generasi terbaru ini ditargetkan dapat meningkatkan kenyamanan perjalanan, kapasitas angkut penumpang, serta bisa menghemat biaya operasional. TGV generasi terbaru ini ditargetkan bisa menghemat biaya operasional hingga 20%. Penggunaan material yang dapat didaur ulang serta ramah lingkungan juga akan menghemat biaya pembangunan hingga 90% serta konsumsi listrik hingga 25%. TGV generasi baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas angkut penumpang hingga 20%.

Pengerjaan desain kereta serta rancangan spesifikasi kereta ditargetkan rampung pada akhir 2017. Pembuatan serta uji coba purwarupa TGV ini akan dilakukan selama 4 tahun dan ditargetkan TGV ini dapat diproduksi massal dan beroperasi untuk umum pada pertengahan 2022 mendatang.

Perlu diakui pamor TGV sebagai kereta cepat sedikit menurun selama beberapa dasawarsa terakhir. Hal itu disebabkan karena kekalahan Prancis dalam adu cepat kereta api dengan Jepang serta hadirnya dominasi Tiongkok dalam industri kereta cepat dunia. Dengan hadirnya generasi baru TGV ini diharapkan dapat memberikan angin segar bagi TGV serta memberikan pengalaman baru menaiki TGV bagi para penumpang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment