testimoni

testimoni

Amtrak Meluncurkan Desain Kereta Kecepatan Tinggi Baru

Konsep artis Avelia Liberty di Washington DC | Foto: Amtrak
[10/09/2016] Perusahaan kereta api penumpang terbesar di Amerika Serikat, Amtrak, beserta pabrikan KA terkemuka Alstom meluncurkan desain KA kecepatan tinggi terbarunya, yang diberi nama Avelia Liberty sebagai penerus dari armada Acela Express buatan Bombardier-Alstom yang saat ini telah melayani koridor timur laut AS sejak tahun 2000 pada tanggal 26 Agustus lalu.
KA Acela Express yang telah melayani koridor timur laut sejak 2000 | Foto: Wikimedia
Desain baru ini digadang-gadangkan Amtrak sebagai modernisasi dari armada Acela Express yang ada dengan peningkatan pada kapasitas angkut sekitar sepertiga lebih banyak dari Acela Express, tetapi dengan mempertahankan kenyamanan dengan desain interior modern, peningkatan fitur wi-fi, soket daya listrik dan USB di tiap kursi, serta fitur aksesibilitas bagi pengguna berkebutuhan khusus yang melampaui persyaratan ADA (Americans with Disability Act). Layanan ini direncanakan akan tersedia tiap 30 menit antara Washington DC dan New York pada waktu puncak serta 1 jam antara New York dan Boston sepanjang hari.
Konsep artis interior kelas bisnis Avelia Liberty | Foto: Amtrak
Selain itu, peningkatan performa dan efisiensi pada kereta jenis ini dibanding Acela Express dilakukan dengan pemilihan desain yang lebih aerodinamis, serta dengan desain power car yang dilengkapi dengan sistem manajemen energi kecelakaan oleh Alstom yang memungkinkan struktur KA ini untuk memenuhi persyaratan FRA (Federal Railroad Administration) tetapi lebih ringan 30% dibanding Acela Express. Tidak ketinggalan Amtrak juga menggunakan teknologi tilting aktif Tiltronix untuk meningkatkan kecepatan dalam menghadapi lengkung jalan, serta menggunakan bogie berartikulasi, tidak seperti Acela Express yang menggunakan bogie konvensional.
Konsep artis Avelia Liberty menghadapi tikungan tajam dengan teknologi tilting | Foto: Amtrak
Rencananya rangkaian kereta yang pada awalnya akan disusun dengan stamformasi 9 kereta dan dua power car tersebut akan dirakit di pabrik Alstom di Hornell dan Rochester, New York dengan memberdayakan 350 penyuplai dari 30 negara bagian, dengan target 95% komponen berasal dari AS, sesuai dengan komitmen Amtrak untuk menciptakan kereta yang se-"made in America" mungkin.

Tidak hanya kemajuan pada desain kereta, Amtrak juga merencanakan peningkatan infrastruktur koridor timur laut untuk memungkinkan rangkaian kereta ini mencapai kecepatan 160 mil per jam (257 km per jam) pada sebagian besar rute, serta kecepatan maksimal 186 mil per jam (299 km per jam) di petak tertentu.

Rangkaian pertama KA cepat jenis ini ditargetkan untuk selesai pada tahun 2019 untuk ujicoba, sebelum kemudian mulai dinas pada tahun 2021, dengan semua rangkaian Avelia Liberty yang berjumlah total 28 rangkaian akan secara bertahap dikirim hingga tahun 2022 di mana rangkaian Acela Express akan dipensiunkan setelah pengiriman rampung.

Sumber:
Amtrak
Wikipedia

IKKO HAIDAR FAROZY/ARGO SAKURAI-Railway Enthusiast Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment