testimoni

testimoni

Heboh, Masinis Shinkansen Selonjoran Kaki ke Dashboard Kabin

[8/9/16] Sebuah potongan gambar dari foto kereta shinkansen yang diunggah di Twitter oleh seorang railfans dengan cepat menjadi bahan pembicaraan di seluruh Jepang. Pasalnya, dalam foto itu terlihat kedua kaki sang masinis "bertengger" di balik kaca depan kereta. Kejadian ini bahkan telah diberitakan oleh TBS News pada Kamis (8/9). Dikutip dari TBS News, masinis diketahui menyandarkan kakinya di dashboard kabin saat berdinas. Kejadian ini tentunya merupakan hal konyol dan memalukan untuk sebuah kereta berkecepatan di atas 200 km/jam dengan ribuan penumpang di dalamnya.
Kaki masinis tampak berada di atas dashboard | Foto: @yamamoto1go2
Menurut investigasi yang dilakukan oleh JR Central selaku pengelola Tokaido Shinkansen, masinis pria berusia 29 tahun itu berselonjor kaki ke dashboard untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Masinis tersebut juga sudah 6 hari berdinas shinkansen Kodama dari Tokyo ke Nagoya dengan posisi kaki seperti itu. Menurut pengakuan sang masinis, ia meletakkan kaki di atas dashboard selama 10 detik. Pria yang sudah bekerja sebagai masinis shinkansen di JR Central selama 3 tahun 5 bulan itu juga mengaku bahwa dirinya pernah melakukan tindakan yang sama (berselonjor kaki ke dashboard saat berdinas) sebanyak 5 sampai 6 kali di masa lalu.

Dalam wawancara yang dilakukan di dalam kabin masinis shinkansen seri 700, sang masinis menjelaskan bahwa desain kabin masinis shinkansen dibuat sedemikian rupa dengan dashboard yang tinggi dan maju ke depan, serta jendela yang sempit sehingga seharusnya perbuatan yang ia lakukan tidak terlihat jelas dari luar. Meskipun demikian, ia mengakui posisi duduk dengan mengangkat kaki ke dashboard seperti yang ia lakukan akan memperlambat dirinya untuk meraih tuas rem sehingga menghambat penanganan dalam situasi darurat.

Dalam video yang terdapat di pemberitaan TBS News, beberapa penumpang shinkansen yang diwawancarai terkait tindakan masinis tersebut mengaku tidak percaya bahwa ada masinis yang berani melakukan hal seperti itu. Sementara itu, JR Central sudah memastikan bahwa masinis tersebut tidak akan berdinas lagi. JR Central akan secara tegas memecat semua kru yang melanggar kedisipilinan, apalagi meletakkan kaki di atas dashboard adalah hal yang sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang yang memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan penumpang. Selain itu, JR Central juga berjanji akan melakukan pembinaan terhadap semua pegawainya sebagai pencegahan terjadinya hal serupa.

RE Digest | Tubagus Gemilang Pratama


About Tubagus Gemilang Pratama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: