testimoni

testimoni

Jalur Kereta Cepat Zhengzhou-Xuzhou Resmi Dibuka

Railway Gazette

[13/9/16]. Setelah menjalani masa konstruksi selama 4 tahun lamanya, dan masa uji coba selama 4 bulan, akhirnya jalur kereta cepat yang menghubungkan ibukota Provinsi Henan, Zhengzhou, dengan Xuzhou di Provinsi Jiangsu resmi dibuka. Dilansir dari Railway Gazette. jalur ini resmi dibuka pada hari Sabtu (10/9) kemarin.

Jalur kereta cepat yang menghubungkan 2 provinsi di pesisir timur Tiongkok ini membentang sejauh 362,4 kilometer melintasi tiga provinsi di Tiongkok seperti Henan, Anhui, dan Jiangsu. Jalur kereta cepat Zhengzhou-Xuzhou ini juga terhubung dengan 2 jalur kereta cepat di Tiongkok lainnya seperti jalur Beijing-Shanghai dan Beijing-Guangzhou.

Jalur kereta cepat Zhengzhou-Xuzhou ini dilayani oleh rangkaian CRH380A dan CRH380B. Dengan hadirnya jalur kereta cepat ini, maka waktu tempuh perjalanan Zhengzhou-Xuzhou ini dapat dipersingkat dari yang sebelumnya membutuhkan waktu 150 menit, kini perjalanan ke kedua kota itu dapat ditempuh dengan waktu 80 menit saja dengan kecepatan 350 km/jam.

Jalur kereta cepat Zhengzhou-Xuzhou ini mulai dibangun pada Desember 2012 lalu. Pembangunan jalur ini memakan biaya sekitar 48,6 Miliar Yuan atau sekitar 954 Miliar Rupiah. Sedangkan uji coba dilakukan pada April lalu dan memecahkan rekor kecepatan di jalur ini hingga secepat 420 km/jam. 

Dengan hadirnya jalur kereta cepat Zhengzhou-Xuzhou ini, maka panjang keseluruhan jalur kereta cepat Tiongkok bertambah hingga 20.000 kilometer lebih. Hal ini pula yang membuat Tiongkok menjadi pemegang rekor dengan pemilik jalur kereta cepat terpanjang di dunia bahkan mengalahkan total panjang keseluruhan jalur kereta cepat di Eropa yang hanya sepanjang 11.800 kilometer saja.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo   

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment