testimoni

testimoni

Jalur Lingkar Komuter Baru di Moskow Diresmikan

KRL Lastochka yang melayani Moscow Central Line|Foto: Wikimedia, CC-BY-SA
[13/09/2016] Pada Sabtu tanggal 10 September 2016, bertepatan dengan hari kota Moskow, diresmikan jalur baru Moscow Metro, yaitu Moscow Central Circle 14, dengan presiden Rusia Vladimir Putin dan walikota Moskwa Sergey Sobyanin menjadi penumpang pertama dalam acara peresmian tersebut. Pada awal operasinya, terdapat 25 stasiun yang dibuka, dari 31 stasiun dengan sisanya akan dibuka pada akhir tahun 2016, di mana 17 dari stasiun tersebut terhubung langsung dengan jalur-jalur Moscow Metro yang telah ada.

Jalur yang dioperasikan oleh perusahaan MKZD, sebuah perusahaan milik pemerintahan Moskwa melalui Moscow Metro dengan subkontraktor operasional Russian Railways (RZD) ini menggunakan tiket yang sama dengan seluruh jaringan Moscow Metro lainnya, dan untuk bulan pertama operasionalnya jalur ini gratis.

Meskipun dalam operasional Moscow Metro jalur ini adalah jalur terbarunya, tetapi sesungguhnya jalur lingkar kota Moskwa telah ada semenjak 1907, atas prakarsa Tsar Nicholas II yang memerintahkan konstruksi jalur KA ini pada tahun 1897, dengan pembangunan dimulai pada tahun 1903. Akan tetapi semenjak tahun 1920an, jalur ini tidak lagi dipakai untuk angkutan penumpang, tetapi hanya untuk angkutan barang.

Baru pada tahun 2011, pihak pemerintah Rusia mengotorisasi rencana untuk memperbaiki serta meningkatkan jalur ini dengan melakukan elektrifikasi, peningkatan pada berbagai prasarana, serta rehabilitasi pada stasiun-stasiun yang telah berdiri berbarengan dengan jadinya jalur lingkar Moskwa yang asli, dengan pekerjaan dimulai pada tahun 2012.

Berdasarkan data dari pemerintah Moskwa pada tahun 2013, terdapat 12 persen penduduk Moskwa yang jauh dari akses transportasi cepat berbasis rel. Dengan beroperasinya jalur lingkar baru ini, angka tersebut diperkirakan turun menjadi 7 persen saja.

Jalur yang dioperasikan dengan menggunakan KRL jenis ES2G Lastochka buatan Siemens dengan panjang 5 kereta ini direncanakan memiliki pola operasional sekitar 130 perjalanan per hari, dengan headway paling cepat 5 menit pada jam sibuk dan 10 menit pada jam-jam lain, dengan waktu opreasional dari pukul 6 pagi hingga 1 dini hari. Diharapkan pada akhir 2016 akan terdapat 400.000 penumpang per hari yang menggunakan jalur ini.

Dengan operasionalnya jalur ini untuk angkutan penumpang, diharapkan beban pada sistem yang sudah ada pada Moscow Metro berkurang sebanyak 15 persen, dan waktu tempuh dipersingkat sampai 20 menit.

Sumber:
RBTH (1)
RBTH (2)
RT
Wikipedia
The Village (Bahasa Rusia)

IKKO HAIDAR FAROZY/ARGO SAKURAI-Railway Enthusiast Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment