testimoni

testimoni

Keolis Commuter Service Mengujicoba Penggunaan Kacamata Video Untuk Maintenance

Salah seorang teknisi yang sedang mencoba penggunaan kacamata video untuk diagnosis kerusakan kereta
Railway Gazette

[16/9/16]. Pernahkah anda mendengar yang namanya video glasses atau kacamata video? Sebagian besar dari anda yang berkecimpung di dunia teknologi ataupun selalu update tentang perkembangan teknologi pasti tau dengan alat ini. Alat yang satu ini berbentuk seperti kacamata pada umumnya. Hanya bedanya kacamata yang satu ini dapat dihubungkan dengan gadget seperti iPhone, iPod, ataupun gadget lainnya untuk menyaksikan video ataupun bermain game dengan lebih detail serta terjaga privasinya.

Namun bagaimana jadinya apabila gadget yang satu ini dipakai untuk maintenance kereta api? Ya inilah yang dilakukan oleh perusahaan operator kereta komuter asal Boston, Amerika Serikat, Keolis Commuter Services. Dilansir dari Railway Gazette, Keolis Commuter Services mengujicoba penggunaan video glasses dalam proses maintenance armada kereta apinya.

Video glasses yang digunakan sendiri dikembangkan oleh perusahaan pengembang teknologi kacamata, AMA XpertEye. Cara kerja kacamata ini sebenarnya cukup sederhana. Kacamata ini dilengkapi dengan kamera yang nantinya akan merekam dan memotret proses pengamatan dan perbaikan kereta api. Foto dan video itu nantinya akan dikirimkan ke kantor pusat guna mendiagnosis kerusakan pada kereta serta mencari bagaimana caranya untuk memperbaiki kerusakan itu. 

Sistem ini sangatlah berguna terutama ketika kereta mengalami kerusakan atau gangguan teknis di daerah yang terisolir dan sulit dijangkau, sehingga kacamata ini dapat membantu para teknisi untuk mengetahui kerusakan apa yang menimpa kereta mereka. Keolis berharap cara ini dapat mengurangi biaya perbaikan ketika diterapkan ke seluruh armada kereta.

Keolis juga mengatakan apabila uji coba ini berhasil pada armada-armada serta teknisi-teknisi Keolis, maka tidak menutup kemungkinan kacamata ini akan dipasarkan ke semua perusahaan kereta api di dunia.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment