testimoni

testimoni

KRL Terlalu Penuh, Kaca Jendela Sampai Pecah Tergencet Penumpang

Kaca yang pecah akibat tergencet penumpang|Foto: Asahi News
[02/9/16] Kepadatan KRL yang luar biasa pada jam-jam kerja tentu bukanlah merupakan hal yang luar biasa. Pembaca yang mengandalkan KRL untuk bekerja ataupun menuntut ilmu dan terpaksa mengikuti arus orang kerja pasti merasakan bagaimana sesaknya di dalam kereta, kadang sampai tergencet ke pintu.

Tetapi bagaimana jika kemudian saking penuhnya itu kereta, yang ada adalah Anda tergencet ke pintu sampai kacanya pecah? Ya, pada pukul 8 pagi waktu setempat di Stasiun Youga pada jalur Tokyu Den-En-Toshi terjadi insiden di salah satu rangkaian KRL Tokyu seri 8500 di mana seorang pelajar SMA berumur 17 tahun mengalami luka ringan di kepala setelah ia tergencet ke pintu akibat overload sampai-sampai kaca jendelanya pecah. Menurut saksi mata, insiden itu terjadi ketika KRL tersebut terguncang pada saat berbelok ketika akan memasuki Stasiun Youga.
Kaca yang pecah terpaksa ditindaklanjut sementara dengan ditambal|Foto: Asahi News
Akibat dari insiden ini kaca jendela yang pecah tersebut terpaksa ditambal untuk sementara sebelum dapat diperbaiki lebih lanjut. Insiden ini juga menimbulkan keterlambatan di jalur tersebut.

Insiden serupa pun ternyata tidak hanya terjadi sekali, sebelumnya di tahun 2014 lalu sebuah rangkaian KRL Toyo Rapid seri 2000 juga mengalami hal yang sama di jalur Tokyo Metro Tozai yang terkenal dengan penumpang sampai 200% kapasitas di jam sibuk, di mana salah satu kaca jendelanya retak akibat tergencet penumpang.

Tentu saja dengan meningkatnya jumlah penumpang di lintas KRL Jabodetabek maka sudah harus dilakukan antisipasi agar jangan sampai ada kejadian serupa, mengingat penumpang di jam-jam kerja juga cukup membludak.

Sumber:
Asahi News
Rocketnews 24 

IKKO HAIDAR FAROZY/ARGO SAKURAI-Railway Enthusiast Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment