testimoni

testimoni

Rangkaian Tokyo Metro 13000 Pertama Diperlihatkan Kepada Publik


Rangkaian Tokyo Metro 13101F bersanding dengan rangkaian Tokyo Metro 03
[2/9/16]. Publik di Tokyo Metro Hibiya Line sepertinya bisa berbahagia saat ini. Pasalnya mereka baru mendapatkan rangkaian baru yakni Tokyo Metro 13000. Tokyo Metro 13000 set pertama. yakni Tokyo Metro 13101F yang dikirim pada Juni lalu ini akhirnya diperlihatkan kepada publik pada hari Rabu (31/8) lalu di Dipo Senju.

Rangkaian Tokyo Metro 13101F ini sendiri dikirim dari pabriknya yakni Kinki Sharyo pada 11 Juni 2016 lalu. Pada saat pengiriman rangkaiannya sendiri ditutup dengan terpal plastik sehingga tidak terlihat secara jelas bagaimana bentuk dari kereta ini.


Ketika rangkaian Tokyo Metro 13101F ini disandingkan dengan para seniornya yakni Tokyo Metro 03, terlihat jelas perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Tokyo Metro 13000 terlihat jauh lebih modern, mewah, serta terlihat lebih elegan ketimbang Tokyo Metro 03 di sebelahnya. Lampu LED yang berjejer sebagai semboyan dan penerangan membuat rangkaian ini terlihat jauh lebih elegan.

Selain itu, berbeda dengan Tokyo Metro 03, rangkaian Tokyo Metro 13000 ini dilengkapi dengan cow catcher yang berfungsi untuk mencegah objek masuk ke kolong kereta ketika Tokyo Metro 13000 ini menabrak sesuatu. Bentuk jendela depan kereta ini lurus, tidak seperti Tokyo Metro 03 yang sedikit menekuk. Jika diperhatikan secara detail, bentuk jendela depan Tokyo Metro 13000 ini terlihat seperti rangkaian Tokyo Metro 1000 yang beroperasi di Ginza Line.

Dari depan kita beralih ke bagian samping. Livery KRL ini didominasi oleh warna abu-abu dengan sedikit tambahan biru dongker yang merupakan ciri khas dari Tokyo Metro Hibiya Line. KRL ini memiliki jendela penumpang dan jendela pintu yang lebar seperti KRL-KRL Tokyo Metro lainnya. Dinding luar KRL ini terbuat dari alumunium alloy yang ringan namun kuat.

Tampilan samping dari Tokyo Metro 13000
Setelah melihat bagian samping, sekarang kita masuk ke dalam kereta. Yang pertama kita masuki adalah kabin masinisnya. Meja layanan kereta terlihat begitu bersih dan rapi karena sebagian besar panel-panel indikator seperti speedometer, amperemeter, voltmeter, tekanan angin, serta tombol-tombol kendali telah digantikan oleh layar touchscreen. 

Tampilan meja kendali Tokyo Metro 13000
Sekarang kita ke ruang penumpang. Warna interior di bagian penumpang didominasi oleh warna biru dongker. Interior KRL ini sepintas tampak mirip seperti tampilan interior dari Tokyo Metro 16000. Hal itu bisa dilihat dari pembatas di ujung bangku serta pintu pembatas sambungan yang terbuat dari kaca. 

Sama seperti KRL lain pada generasinya, KRL ini dilengkapi dengan display LED di atas pintu sebagai penunjuk lokasi kereta, peringatan ketika pintu dibuka atau ditutup, serta digunakan sebagai space iklan. Rangkaian kereta ini juga dilengkapi dengan ruang kosong yang digunakan sebagai tempat untuk kereta bayi dan kursi roda.

Tampilan interior Tokyo Metro 13000
Display digital yang ditempatkan di atas pintu

Space untuk kursi roda dan kereta bayi serta pintu pembatas sambungan yang terbuat dari kaca 

KRL ini menggunakan teknologi VVVF-IGBT dengan motor traksi buatan Mitsubishi Heavy Industry. KRL ini bisa dibilang merupakan pembuka jalan bagi Hibiya Line untuk menggunakan kereta dengan panjang 20.000 milimeter. Pasalnya selama ini Hibiya Line hanya dilayani oleh rangkaian dengan panjang 18.000 milimeter sehingga KRL Tokyo Metro 13000 ini seolah membebaskan Hibiya Line dari belenggu rangkaian berbadan pendek.

Dengan diperlihatkannya Tokyo Metro 13000 kepada publik ini, kita bisa sedikit membayangkan bagaimana tampilan "calon" adik kembarnya yang akan memiliki desain yang hampir sama dan beroperasi di jalur Tobu Skytree Line yakni Tobu Railway 70000 series. 

Nantinya rangkaian Tokyo Metro 13000 dan Tobu Railway 70000 series akan diproduksi hingga tahun 2019 mendatang guna menggantikan rangkaian Tokyo Metro 03 dan Tobu Railway 20000 series yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Rencananya set awal dari Tokyo Metro 13000 ini akan mulai dioperasikan sebelum akhir tahun.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
picture source: Trafficnews dan Facebook @etrain.jp


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment