testimoni

testimoni

Suspended Monorail Buatan Tiongkok Pertama Diperlihatkan kepada Publik

Suspended monorail pertama buatan Tiongkok yang diperlihatkan kepada publik
CCTV

[13/9/16]. Seolah tak mau ketinggalan dengan Jerman dan Jepang yang sudah terlebih dulu mengoperasikan suspended monorail di negaranya, Tiongkok juga akan mengoperasikan suspended monorail. Prototipe dari rangkaian suspended monorail pertama di Tiongkok ini diperlihatkan kepada publik pada hari Sabtu (10/9) lalu.

Dilansir dari NDTV, prototipe rangkaian suspended monorail buatan Tiongkok ini dibuat oleh Nanjing Puzhen Company ltd. bekerjasama dengan perusahaan pembuat kereta api terbesar di Tiongkok, CRRC Corporation ltd. 

Bagian luar kereta ini didominasi oleh warna hitam dan putih. Apabila diperhatikan baik-baik, bagian depan kereta ini terlihat seperti wajah seekor panda dengan wajah putih dan kelopak matanya yang berwarna hitam.

Tampak depan suspended monorail buatan Tiongkok yang terlihat seperti wajah seekor panda
CCTV
Rangkaian suspended monorail buatan Tiongkok ini terdiri atas 2 kereta di mana 1 keretanya memiliki kapasitas angkut hingga 100 orang. Jadi apabila ditotalkan, kapasitas angkut 1 set suspended monorail ini bisa mengangkut hingga 200 orang dalam sekali angkut. Namun ada 1 hal yang membedakan suspended monorail buatan Tiongkok ini dengan suspended monorail yang ada di Jerman dan Jepang.

Apabila suspended monorail yang ada di Jepang dan Jerman menggunakan tenaga listrik yang dialirkan melalui rel untuk menggerakan motor penggerak, maka suspended monorail Tiongkok ini menggunakan tenaga baterai sebagai sumber tenaga untuk motor penggeraknya. Baterai untuk suspended monorail ini dapat digunakan selama 4 jam perjalanan dan dapat diganti di stasiun ketika baterainya habis. Penggantian baterainya pun sangat cepat, hanya memerlukan waktu 2 menit saja.


Pembangunan suspended monorail ini juga diklaim lebih cepat dan lebih murah ketimbang membangun jalur MRT. Profesor Yue Zhaosong dari Beijing Jiaotong University mengatakan untuk membangun 1 kilometer jalur suspended monorail ini hanya diperlukan waktu sekitar 3-5 bulan. 

Rencananya suspended monorail ini akan dioperasikan pada tahun depan. Namun masih belun diketahui secara pasti di mana suspended monorail ini akan dioperasikan. Nantinya suspended monorail ini akan dioperasikan di berbagai tempat dengan pemandangan indah di Tiongkok.

Dengan hadirnya suspended monorail di Tiongkok, maka Tiongkok menjadi negara ketiga di dunia yang mengoperasikan suspended monorail selain Jerman dengan Wuppertal Suspended Monorail di Berlin yang pertama kali beroperasi pada tanggal 1 Maret 1901, serta Jepang dengan Shonan Suspended Monorail di Chiba yang beroperasi pada tanggal 7 Maret 1970.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment