testimoni

testimoni

Unit Heritage Kereta Api Akan Dihapus


Kabar sedih bagi kita terutama para railfans yang tertarik dengan sejarah perkeretaapian di Indonesia. PT KAI berencana akan menghapus Unit Pelestarian Benda dan Bangunan atau yang biasa kita kenal sebagai KAI Heritage. Dilansir dari Suaramerdeka, rencana penghapusan KAI Heritage akan dibahas dalam rapat di Kantor Pusat PT KAI pada 19 September mendatang.

Manajer Museum KAI Eko Sri Mulyanto mengatakan kepastian penghapusan KAI Heritage baru bisa dipastikan pada rapat tanggal 19 mendatang. Eko menyayangkan rencana KAI yang akan menghapuskan KAI Heritage, pasalnya KAI Heritage telah berhasil mempertahankan, merenovasi, bahkan menyelamatkan aset-aset bersejarah perkeretaapian di Indonesia.

Dirinya juga mengatakan rencana pembubaran KAI Heritage masih sebuah wacana, namun dirinya berharap agar KAI Heritage tetap dipertahankan agar aset-aset bersejarah milik PT KAI tetap terjaga dan terawat. Apabila rencana pembubaran itu benar, maka aset-aset bersejarah seperti museum dan bangunan bersejarah nantinya akan diserahkan kepada Pemda setempat.

Alasan mengapa KAI Heritage akan dibubarkan sebenarnya cukup sederhana, karena KAI Heritage itu merupakan cost center bukan profit center. Maksudnya adalah keuntungan yang dihasilkan oleh KAI Heritage lebih sedikit ketimbang pengeluaran yang harus dikeluarkan PT KAI untuk mengurusi dan menjaga aset. Ibarat peribahasa "besar pasak daripada tiang".

Rencana pembubaran KAI Heritage pun menuai banyak reaksi terutama dari kalangan railfans. Banyak railfans yang menolak rencana pembubaran KAI Heritage. Pasalnya sudah banyak aset bersejarah perkeretaapian Indonesia yang sudah diselamatkan oleh KAI Heritage. Banyak railfans yang khawatir apabila KAI Heritage benar dibubarkan dan aset-aset bersejarah diserahkan kepada Pemda maka aset-aset tersebut akan terbengkalai dan tidak terurus.

Jadi bagaimana kah nasib KAI Heritage kedepannya? Kita lihat saja, semoga pembubaran tersebut tidak benar terjadi.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment