testimoni

testimoni

Angkot Tabrak KA di Blitar, 4 Meninggal

Foto angkot yang terbakar setelah tertabrak KA Matarmaja (Mayangkaranews)
23/10/2016 - Tampaknya kecelakaan tragis yang melibatkan tabrakan KA dengan kendaraan angkutan jalan raya seakan tidak ada habisnya. Pada pukul 05.30 pagi hari Sabtu kemarin (22/10), sebuah kecelakaan maut terjadi antara KA Matarmaja dari Jakarta tujuan Malang* dan sebuah angkot di perlintasan KA tanpa palang pintu di Desa Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Akibatnya, angkot berisi 6 orang termasuk supir yang menabrak KA tersebut terseret sejauh sekitar 10 meter sebelum kemudian terguling dan langsung terbakar hebat. Tiga orang dalam angkot yaitu supir dan dua penumpangnya meninggal di tempat setelah sempat terbakar di dalam angkot, sedangkan satu korban lainnya meninggal di rumah sakit akibat luka yang terlalu parah meskipun pertolongan dan evakuasi dari pihak kepolisian segera dilaksanakan, sehingga jumlah korban meninggal mencapai empat orang. Sementara dua korban selamat dalam kondisi terluka dan dalam perawatan rumah sakit.

Menurut penuturan saksi mata, angkot tersebut sempat mogok ketika akan melintasi jalur KA saat KA Matarmaja melintasi perlintasan tersebut, sehingga tabrakan tidak dapat dihindarkan. Saat kecelakaan berlangsung, dua orang penumpang berhasil lompat sementara empat orang lainnya terjebak di dalam angkot. Sementara itu, pihak kepolisian menuturkan bahwa keadaan perlintasan yang tanpa palang pintu serta jalanannya menanjak yang membuat pandangan supir terbatas membuat wilayah tersebut kerap terjadi kecelakaan, serta menduga penyebab kecelakaan akibat kelalaian supir yang tidak waspada. Sementara masinis KA Matarmaja juga sempat didata oleh kepolisian sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Selain itu, pihak kepolisian juga mengimbau agar warga lebih waspada di perlintasan KA.

Oleh karena itulah, tidak peduli ada palang pintu ataupun tidak, haruslah kita berhati-hati ketika melewati perlintasan kereta api. Berhenti, tengok, dengarkan, barulah jalan, demi keselamatan diri kita dan kelancaran perjalanan KA.

*Catatan: Beberapa sumber menyebutkan relasi KA Matarmaja adalah Jakarta-Surabaya. Rute yang benar dari KA ini adalah Jakarta-Malang, bukan Jakarta-Surabaya.

Sumber:

RE Digest|Ikko Haidar Farozy


About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment