testimoni

testimoni

Bangun Kereta Semi-Cepat Pantura, Menko Luhut Lobi Pemerintah Jepang

Super Azusa Limited Express
Wikimedia

[8/10/16]. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melakukan lobi dengan Jepang agar Jepang mau untuk mengerjakan proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Dilansir dari Merdeka.com, hal itu disampaikan oleh Luhut saat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. 

Luhut mengatakan pihak Indonesia sendiri telah mengirimkan surat resmi kepada Pemerintah Jepang agar dapat mengerjakan proyek kereta semi cepat Pantura Jakarta-Surabaya. Selain bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Luhut juga bertemu dengan sejumlah menteri dan pejabat Jepang seperti Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang Keiichi Ishii, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama, serta beberapa anggota muda Liga Parlemen Jepang Indonesia.

Selain membicarakan masalah proyek kereta semi cepat, Luhut juga membahas topik lain dengan Pemerintah Jepang seperti masalah kerjasama ekonomi kemaritiman, peluang investasi di Indonesia, masalah keamanan di Laut Cina Selatan, dan lain sebagainya. 

Luhut mengatakan kereta semi cepat ini nantinya dapat melaju dengan kecepatan 180-200 kilometer per jam, sehingga waktu tempuh Jakarta-Surabaya yang sejauh 768 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam saja. Waktu tempuh ini 4,5 jam lebih cepat ketimbang kereta tercepat di Pantura saat ini, Argo Bromo Anggrek yang menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya dalam waktu 8 jam.

Luhut juga mengatakan nantinya jalur kereta semi cepat ini memiliki jalur ganda atau double track serta kemungkinan nantinya dapat digunakan untuk angkutan barang Jakarta-Semarang-Surabaya. Luhut berharap, Jepang dapat melakukan alih teknologi kepada Indonesia dan dapat mematuhi peraturan di Indonesia yang memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Mending Argo Bromo Anggrek.. Pemandangannya enak, waktunya ngepas :3

    ReplyDelete
  2. ABA akan digantikan kereta ini.. namanya akan ditransfer.

    ReplyDelete