testimoni

testimoni

Bus Transjakarta akan Masuk ke Stasiun Gambir

Bus low deck Transjakarta saat diujicoba masuk area Stasiun Gambir
Detik

[18/10/16]. Sepertinya rencana pembangunan angkutan umum terintegrasi antar-moda sudah mendekati kenyataan. Pasalnya pada hari Minggu (16/10) lalu telah dilakukan uji coba bus Transjakarta ke dalam area Stasiun Gambir. Dilansir dari Detik, uji coba bus Transjakarta low deck ke Stasiun Gambir ini diikuti juga oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Elly Sinaga.

Budi mengatakan kehadiran bus Transjakarta di dalam Stasiun Gambir dapat mempermudah masyarakat terutama mereka yang telah melakukan perjalanan jauh supaya bisa melanjutkan perjalanan. Jauh sebelum Transjakarta, sebenarnya sudah ada angkutan pemandu moda yang berada di dalam Stasiun Gambir yakni bus Damri dengan tujuan Lampung dan Bandara Soekarno Hatta.

Budi juga mengatakan bus Transjakarta ini bisa dibilang merupakan angkutan umum yang murah namun bagus karena supir diupah dengan sangat baik, bis yang digunakan canggih, serta ramah bagi para penyandang disabilitas. Kepala BPTJ Elly Sinaga mengatakan bahwa konsep integrasi transportasi umum harus lebih solid dan intens antara bus, kereta api, dan pesawat.

Elly juga mengatakan bahwa pihak BPTJ rencananya akan mengembangkan sebuah aplikasi transportasi terpadu yang diberi nama Moovit dengan mengambil data dari Kemenhub. Selain itu, pihak BPTJ juga berencana untuk membuat tiket terpadu di mana dengan satu tiket bisa naik angkutan umum apa saja seperti KRL, Transjakarta, MRT, hingga LRT.

Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah membicarakan masalah masuknya bus Transjakarta ke wilayah Stasiun Gambir. Transjakarta sendiri membicarakan permasalahan ini dengan pihak stasiun. Belum jelas kapan bus Transjakarta ini bisa masuk ke Stasiun Gambir.

Sebenarnya akses Transjakarta ke Stasiun Gambir sudah ada yakni dengan hadirnya Halte Gambir 1 yang berada di sebelah barat stasiun dan Halte Gambir 2 yang berada di sebelah timur stasiun. Namun Budi mengatakan dimasukkannya bus Transjakarta ke dalam area stasiun bertujuan untuk mempermudah penumpang kereta api untuk berganti moda.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment