testimoni

testimoni

Indian Railway Meluncurkan Gerbong Kabus yang Nyaman dan Ramah Lingkungan

Kabus ramah lingkungan yang diluncurkan di India
Railway Gazette

[17/10/16]. Gerbong kabus, apa yang anda pikirkan ketika mendengar gerbong jenis itu? Sebuah gerbong datar (GD) yang ditempatkan sebuah kontainer bekas yang diberi jendela dan biasanya dipasang di gerbong paling belakang dari rangkaian kereta api angkutan barang sebagai penanda akhir rangkaian. Biasanya gerbong kabus juga diisi oleh petugas seperti KP, Polsuska, maupun PKD untuk mengawasi barang yang diangkut dengan kereta untuk mencegah barang tersebut dicuri.

Melakukan perjalanan di gerbong kabus yang notabenenya hanyalah kontainer yang ditempatkan di atas GD bukanlah perjalanan yang bisa dikatakan nyaman. Duduk di lantai besi yang keras dengan suspensi gerbong datar yang guncangannya sangat keras sangatlah tidak nyaman. Apalagi berada di dalam kabus saat siang hari akan terasa sangat panas dan terasa sangat dingin saat malam hari, sungguh sangat menyiksa.

Namun lain halnya dengan kabus yang baru diluncurkan di India ini, mungkin anda mau untuk naik kabus ini. Dilansir dari Railway Gazette, Indian Railway meluncurkan gerbong kabus yang nyaman dan ramah lingkungan. Gerbong kabus yang digunakan untuk menempatkan petugas keamanan ini dibuat ramah lingkungan serta memberikan kenyamanan bagi para petugas yang berjaga.

Gerbong kabus ini sangatlah nyaman karena dilengkapi dengan penerangan yang dapat menyala 24 jam, kipas angin, stopkontak untuk mencharge handphone, serta toilet. Selain nyaman, kabus ini juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan 4 panel surya yang ditempatkan di atapnya yang dipakai untuk mencharge baterai 100 Ah sebagai sumber kelistrikannya. Selain itu, toilet yang digunakan memiliki sistem pengolahan limbah yang ramah lingkungan.

Kabus ramah lingkungan ini merupakan buah dari kerjasama antara Organisasi Indian Railway untuk Bahan Bakar Alternatif dengan Balai Yasa Amritsar milik Northern Railway. Kabus ini awalnya hanyalah kabus biasa berjenis Brake Van Z-Frame yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh Balai Yasa Amritsar. 

Menteri Perkeretaapian India Suresh Prabhu mengatakan bahwa hadirnya kabus ini dapat memberikan kenyamanan bagi petugas keamanan yang berjaga juga dapat membantu Indian Railway untuk mengurangi emisi karbon. Seperti yang kita ketahui, India merupakan negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia. 



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment