testimoni

testimoni

KA Barang Anjlok di Cikaum, Perjalanan KA Terganggu

Bogie yang terlepas dan menghalangi rel (Istimewa)
30/10/2016-Tampaknya hari ini bukanlah hari yang baik dalam perkeretaapian Indonesia tahun 2016, setelah semalam sebelumnya KA Malabar anjlok akibat bertabrakan dengan truk di Sragen, Jawa Tengah, siang tadi terjadi lagi insiden di mana sebuah KA barang anjlok di Cikaum, Subang, Jawa Barat.

KA barang bernomor 2515B dari Kalimas menuju Tanjung Priok yang membawa 30 gerbong terbuka dalam kondisi kosong mengalami anjlok pada pukul 13.05 ketika melewati wesel di timur Stasiun Cikaum, dengan kondisi 6 gerbong paling belakang anjlok semua as sampai bogienya berserakan, sehingga menghalangi jalur hulu-hilir. Akibatnya, banyak perjalanan KA terhambat dan terjadi antrean panjang sampai Cirebon dan Pasirbungur. Selain itu juga, banyak perjalanan KA jadi hancur berantakan jadwalnya karena sudah terkena imbas kecelakaan KA Malabar semalam, terkena lagi imbas kejadian ini.

Sekitar pukul 14.45, rintangan pada jalur arah Cirebon (jalur 2) sudah bisa diatasi, sehingga KA dari kedua arah bisa berjalan bergantian di Stasiun Cikaum. Akan tetapi, jalur arah Jakarta (jalur 3) masih terhalang dan sampai berita ini dituliskan, masih dilakukan proses evakuasi dengan crane dari Bandung dan Cirebon.
Keadaan gerbong datar yang anjlok (Angga Nila Krisna)
Akibat keterlambatan ini, PT KAI pun memberikan kompensasi pada penumpang yang keterlambatannya melebihi 3 jam, sesuai dengan standar pelayanan minimum. 

Sementara itu penyebab kejadian anjlokan belum diketahui dan masih dalam investigasi. Semoga saja dua kejadian besar ini adalah yang terakhir di tahun 2016...

RE Digest|Ikko Haidar Farozy

Sumber:
Tempo

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment