testimoni

testimoni

KA Malabar Bertabrakan dengan Truk Pengangkut Backhoe di Sragen

Lokomotif CC 206 13 95 yang ringsek akibat bertabrakan dengan truk pengangkut backhoe di Sragen
Sindy Tria Rukasy via Indonesian Railfans

[30/10/16]. KA 99 Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung via Kediri bertabrakan dengan truk pengangkut backhoe di PJL 91 di petak antara Masaran-Kemiri, Sragen, Jawa Tengah pada Sabtu malam kemarin. Tabrakan terjadi sekitar pukul 22.20. Tabrakan terjadi pada saat truk pengangkut backhoe mogok di JPL 91. 

KA Malabar yang kebetulan sedang melintas ditemper oleh backhoe yang diangkut oleh truk. Tabrakan ini menyebabkan lokomotif CC 206 13 95 milik Dipo Lokomotif Bandung anjlok sebanyak 2 as pada roda pertama dan ketiga sehingga menyebabkan perjalanan KA 99 Malabar terhenti. Tabrakan ini juga menyebabkan bagian depan lokomotif ringsek akibat kerasnya benturan.

Kondisi crane yang menemper KA 99 Malabar
Hermansyah Saputra via Info Wong Solo

Peristiwa ini menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api tertahan seperti perjalanan KA 2617 kereta api angkutan BBM Rewulu-Madiun, KA 131 Mutiara Selatan relasi Malang-Bandung via Surabaya Gubeng, dan KA 171 Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen tertahan di Stasiun Sragen, serta KA 166 Krakatau relasi Merak-Kediri tertahan di Stasiun Palur akibat terhadang kereta api Malabar yang tertemper backhoe.

Rangkaian KA Malabar yang selamat yang terdiri atas 2 unit K3, 2 unit K2, 1 unit MP2, dan 3 unit K1 ditarik mundur kembali ke Stasiun Masaran untuk mempermudah proses evakuasi menggunakan lokomotif penarik KA 2617 angkutan BBM Rewulu-Madiun yang tertahan di Stasiun Sragen yakni CC 201 92 17.

Sampai berita ini diturunkan, proses evakuasi masih berlangsung. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh pihak terkait.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
  

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment