testimoni

testimoni

Kereta Api Ambarawa Express Resmi Beroperasi

Sejumlah pejabat saat berfoto bersama di depan papan nama Ambarawa Express
Tribunnews

[4/10/16]. Dihentikannya operasional perjalanan kereta api KRDI Blora Jaya Express dan KRDI Cepu Express sempat membuat khawatir warga Semarang, terutama para pengguna setia kedua kereta api itu. Pasalnya kedua kereta itu merupakan andalan warga Semarang untuk bepergian ke Blora, Cepu, dan sekitarnya. 

Namun kini warga Semarang tak perlu lagi khawatir, karena PT KAI Daop 4 Semarang meluncurkan perjalanan kereta api untuk menggantikan kedua KRDI itu, yakni kereta api Ambarawa Express dengan relasi Semarang Poncol-Surabaya Pasarturi. Dilansir dari Kompas.com, peresmian KA Ambarawa Express ini dilakukan pada hari Selasa (4/10) pagi tadi di Stasiun Semarang Poncol.

Kereta api Ambarawa Express ini menggunakan nomor perjalanan sementara KA 11002 dari Semarang Poncol dan KA 10941 dari Surabaya Pasarturi. Kereta api ini memiliki 2 perjalanan, yakni sekali dari Semarang dan sekali dari Surabaya. Dari Semarang Poncol kereta ini berangkat pada pukul 7.00 dan dari Surabaya Pasarturi pada pukul 13.00.

Harga tiket kereta api Ambarawa Express dipatok Rp 80.000 untuk perjalanan Semarang Poncol-Surabaya Pasarturi maupun sebaliknya, sedangkan untuk perjalanan Semarang Poncol-Cepu dan Semarang Poncol-Bojonegoro, maupun Surabaya Pasarturi-Bojonegoro dan Surabaya Pasarturi-Cepu harga tiket dipatok hanya Rp 60.000.

Kereta api Ambarawa Express ini berhenti di beberapa stasiun seperti Semarang Tawang, Ngrombo, Jambon, Kradenan, Doplang, Randublatung, Cepu, Bojonegoro, Babat, dan Lamongan. Rangkaian yang digunakan oleh kereta api Ambarawa Express ini merupakan rangkaian K3 AC Kemenhub bekas Menoreh 1. Dengan begini maka hanya ada 2 KA saja yang melayani relasi Semarang Poncol-Surabaya Pasarturi, yakni KA Ambarawa Express dan KA Maharani.

Untuk rangkaian KRDI eks. Blora Jaya Express dan Cepu Express yang operasionalnya dihentikan oleh Daop 4 Semarang menimbulkan spekulasi ke mana rangkaian KRDI itu akan dioperasikan. Salah satu isu yang paling hangat dibicarakan di kalangan railfans adalah kedua rangkaian KRDI itu akan dioperasikan sebagai kereta api lokal Merak-Rangkasbitung setelah KRL Commuter Line mencapai Rangkasbitung. Namun benarkah demikian? Kita lihat saja nanti.

baca juga: PT KAI Daerah Operasi 4 Berencana Menghapuskan KA Blora Jaya Ekspres dan Cepu Ekspres  


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment