testimoni

testimoni

Kereta Parcel Angkutan Mobil Beijing-Berlin Mulai Dibangun

Kereta barang parcel angkutan mobil milik Russian Railway yang dibuat oleh Tver Carriage Works
Railway Gazette

[8/10/16]. Jalur Sutra Baja antara Beijing-Moscow-Berlin saat ini tengah bergelora dan terus berinovasi untuk melayani angkutan barang dari Asia ke Eropa lewat Russia. Setelah sebelumnya dilakukan uji coba angkutan mobil dari Jerman ke Tiongkok menggunakan kontainer, kali ini kurs angkutan mobil di Jalur Sutra Baja mulai ditanggapi secara serius.

Dilansir dari Railway Gazette, Tver Carriage Works milik Transmashholding, Siemens, dan Russian Post menandatangani memorandum pembuatan kereta barang parcel untuk angkutan mobil dari Beijing ke Berlin. 

Penandatanganan tiga pihak ini menyiratkan bahwa kereta parcel angkutan mobil ini akan digunakan di jalur antara Beijing, Moscow, dan Berlin yang memiliki lebar gauge yang berbeda. Nantinya kereta ini akan didesain tak hanya untuk mengangkut mobil, tapi juga untuk berganti gauge dengan cepat dari standar Eropa ke standar Russia maupun sebaliknya. Perlu diingat bahwa Tiongkok dan Eropa menggunakan gauge standar 1435 mm, sedangkan Russia menggunakan gauge lebar 1520 mm.

Ini bukanlah kali pertama bagi pihak Russia untuk membeli kereta parcel angkutan mobil dari Tver Carriage Works. Russia Railway sendiri telah memesan 50 unit kereta parcel angkutan mobil seri 61-4504 dan 61-4505 dari Tver Carriage Works serta bekerjasama dengan Siemens untuk memproduksi kereta penumpang yang saat ini digunakan untuk perjalanan dari Moscow ke beberapa tujuan termasuk Helsinki, Berlin, dan Paris.

Kereta angkutan mobil sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru di Jalur Sutra Baja ini. Sebelumnya pada Mei lalu, perusahaan dealer otomotif asal Tiongkok, China Greenland Rundong Auto Group ltd. mengirimkan 82 unit mobil mewah dari Jerman lewat jalur rel dari Jerman hingga Tiongkok. Hanya bedanya pengangkutan mobil yang dilakukan oleh Rundong dilakukan menggunakan kontainer yang ditempatkan di atas gerbong datar. 




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment