testimoni

testimoni

Proyek Kereta Api Trans-Sulawesi Dihentikan Sementara

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko saat menyaksikan pemasangan rel di Sulawesi
Kompas Print

[4/10/16]. Warga Sulawesi Selatan saat ini tengah berbahagia karena jalur kereta api Trans-Sulawesi Makassar-Parepare sedang dibangun di provinsi mereka. Namun sepertinya kebahagiaan itu harus ditunda sejenak karena proyek jalur kereta api Trans-Sulawesi harus dihentikan untuk sementara waktu. Dilansir dari Tribunnews, proyek jalur Trans-Sulawesi Makassar-Parepareini sudah terhenti selama beberapa bulan.

Pengerjaan proyek yang terhenti ini berada di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Dinas Perhubungan Barru mengatakan pihaknya tidak mengetahui mengapa proyek jalur kereta api pertama di Sulawesi ini terhenti. 

Kadishub Barru Abubakar mengatakan dirinya tak mengetahui alasan dihentikannya proyek ini karena proyek ini bukanlah wewenang Dishub Barru. Namun dirinya mengatakan dihentikannya proyek ini karena permasalahan dana. Dirinya juga mengatakan kemungkinan proyek ini akan dilanjutkan kembali pada 2017 mendatang. Namun proyek pembangunan fly over yang melintas di atas rel tetap dilakukan oleh Dishub Barru.

Proyek jalur kereta api Trans-Sulawesi yang digagas oleh Presiden Joko Widodo ini sebenarnya sudah cukup jauh perkembangannya. Seperti pembangunan sejumlah fasilitas seperti jalur dengan lebar sepur 1435mm yang sudah hampir rampung, kedatangan 1 unit TMC buatan INKA ke sana, hingga melakukan rekrutmen masinis untuk warga Sulawesi.

Bahkan demi melancarkan proyek Jalur Trans-Sulawesi ini sampai harus menunda sejumlah proyek perkeretaapian di Pulau Jawa seperti elektrifikasi jalur Yogyakarta-Solo dan proyek double track Madiun-Kedungbanteng. Proyek yang dimulai pada 13 November 2015 lalu ini ditargetkan selesai pada 2019 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. mana ada pembangunan di Indonesia yng selesai tepat waktu,,banyak sekali orang pintar masalahnya,, apa-apa dijadikan polemik,, masalah paling buruk adalah krupsi,, semua bangunan alasannya adalah dana tapi setelah dana yang begitu banyak dicairkan itupun tidak berpengaruh dalam mempercepat bangunan selesai.. mungkin bahan bangunan mahal kalik ya??..

    ReplyDelete