testimoni

testimoni

Selamat Datang di Indonesia Tokyo Metro 6116F dan 6118F

KLB pengiriman Tokyo Metro 6118F saat memasuki Stasiun Depok (Bayu Tri Sulistyo)

[10/10/16]. Indonesia kembali kedatangan rangkaian KRL Tokyo Metro 6000 VVVF. Kali imi yang datang merupakan dua "kakak beradik" Tokyo Metro 6116F dan Tokyo Metro 6118F. Kedatangan kali ini bisa dibilang berbeda dengan kedatangan KRL Tokyo Metro 6000 sebelumnya. Pasalnya kedatangan Tokyo Metro 6000 kali ini bisa dibilang mendadak karena tidak ada berita apapun soal pengiriman kali ini. Selain itu ada aturan yang tidak memperbolehkan railfans untuk mengabadikan kedatangan Tokyo Metro 6116F dan 6118F di Stasiun Pasoso.

Kapal yang membawa kedua KRL ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Minggu (9/10) kemarin. KRL yang pertama kali diturunkan dari kapal adalah KRL Tokyo Metro 6116F yang penurunannya dimulai Minggu pagi sekitar pukul 10.30. Seperti biasanya dari dermaga KRL dinaikkan ke atas truk untuk dibawa sampai Stasiun Pasoso untuk diturunkan ke atas rel. Penurunan Tokyo Metro 6116F dilakukan hingga menjelang tengah malam.


Rangkaian Tokyo Metro 6116F sendiri baru diberangkatkan dari Stasiun Pasoso menuju Depok pada pukul 21.08 dan tiba di Stasiun Depok pada hari Senin pukul 00.14. Rangkaian ditarik oleh lokomotif CC 201 92 15 dengan didorong oleh KRD NW "Djoko Tingkir". Tak banyak railfans yang mengabadikan kedatangan 6116F ini dikarenakan penarikannya yang dilakukan pada malam hari serta tepat esok harinya adalah hari Senin di mana aktifitas perkantoran, perkuliahan, dan sekolah dimulai. 

Penarikan rangkain 6116F saat memasuki Stasiun Pasar Senen
picture by: Hary Anto
Penurunan rangkaian dari kapal dilanjutkan dengan penurunan Tokyo Metro 6118F pada tengah malam hingga dini hari. Rangkaian 6118F sendiri diberangkatkan lebih siang sehingga ketika rangkaian sampai di Depok matahari sudah tinggi. Rangkaian diberangkatkan dari Pasoso pada pukul 5.12 dengan formasi yang sama seperti pengiriman Tokyo Metro 6116F sebelumnya. Perjalanan KLB ini sempat membuat beberapa KRL di belakangnya tertahan karena kecepatannya yang cukup lambat dan bertepatan dengan peak hour. Rangkaian 6116F akhirnya tiba di Depok pada pukul 8.19 pagi.

Rangkaian Tokyo Metro 6118F saat berada di Stasiun Depok

Sekitar setengah jam lebih rangkaian berhenti di Stasiun Depok. Rangkaian berhenti cukup lama tidak hanya untuk melepas adapter coupler dan selang rem dari lokomotif, melainkan juga memberi jalan kepada perjalanan KRL Commuter Line dibelakangnya yang tertahan akibat perjalanan KLB pengiriman ini. Setelah lokomotif dilepas dan perjalanan yang tertahan sudah diberangkatkan dari Depok, rangkaian Tokyo Metro 6116F akhirnya dilangsir masuk ke Dipo Depok pada pukul 8.45.

Kedatangannya pada peak hour sempat menarik perhatian penumpang di Stasiun Depok. Sebagian penumpang pun sempat mengabadikan kedatangan Tokyo Metro 6116F di Stasiun Depok menggunakan telepon seluler mereka.


Dengan begini maka tinggal 1 set (10 kereta) Tokyo Metro 6000 lagi yang belum dikirim yakni set Tokyo Metro 6131F yang entah apa alasannya tidak dikirim bersamaan dengan kedua rangkaian Tokyo Metro 6000 ini. Belum diketahui secara pasti kapan Tokyo Metro 6131F ini akan dikirim dari Jepang dan tiba di Indonesia.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment