testimoni

testimoni

Tiongkok Meluncurkan Monorail Buatan Mereka yang Pertama di Shenzen

Tampilan dari monorail "Cloud Rail" buatan Tiongkok
CCTV News
[15/10/16]. Perusahaan manufaktur otomotif asal Tiongkok, BYD Company, meluncurkan jalur monorail pertama buatan mereka di Shenzhen, Provinsi Guangdong, Tiongkok pada Kamis (13/10) kemarin. Dilansir dari CCTV News, pengembangan dan pembangunan jalur monorail di Shenzhen ini telah dilakukan selama 5 tahun lamanya sebelum akhirnya dapat beroperasi pada tahun ini.

Sistem monorail yang mereka buat ini disebut juga dengan Cloud Rail. Jalur monorail yang dibangun memiliki panjang 4,4 kilometer. Monorail buatan BYD ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam. Satu set monorail terdiri atas 3 kereta di mana dalam 1 jam monorail ini dapat mengangkut sekitar 1000 hingga 3000 orang.

Suasana peluncuran Cloud Rail di Shenzhen
China Daily
CEO dari BYD Wang Chuanfu mengatakan bahwa sistem Cloud Rail ini dapat terintegrasi dengan sistem angkutan lain, baik di atas tanah maupun di bawah tanah seperti bis, kereta api, maupun kereta bawah tanah. Pembangunan monorail ini dipercaya lima kali lebih murah dan lebih cepat ketimbang pembangunan jalur kereta bawah tanah.

Meskipun Cloud Rail ini bisa dibilang merupakan sistem baru, namun sudah ada rencana investasi untuk pembangunan Cloud Rail di dalam negeri Tiongkok. Kota Shantou yang juga masih berada di dalam Provinsi Guangdong telah menandatangani kontrak dengan BYD untuk membangun jalur monorail sejauh 250 kilometer di dalam kotanya.

Cloud Rail ini bukanlah monorail pertama yang telah dibuat oleh Tiongkok. Sebelumnya pada September lalu, perusahaan manufaktur kereta api asal Tiongkok, CRRC Corporation ltd. meluncurkan rangkaian suspended monorail atau monorail gantung buatan mereka yang pertama.

baca juga: Suspended Monorail Buatan Tiongkok Pertama Diperlihatkan kepada Publik 



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment