testimoni

testimoni

Dua Kereta Barang Bertabrakan di Florida

Kereta angkutan barang yang bertabrakan di Florida
Marion County Fire Resque

[17/11/16]. Tabrakan antara dua kereta api angkutan barang terjadi di Florida, Amerika Serikat. Tabrakan ini terjadi di dekat kawasan komunitas Citra, sebelah utara Kota Ocala, Marion County, Florida, Amerika Serikat. Kecelakaan ini terjadi pada hari Rabu (16/11) sekitar pukul 4.15 dini hari waktu Amerika Serikat atau sekitar pukul 16.15 Waktu Indonesia Barat. 

Tabrakan ini terjadi di jalur antara Baldwin dan Lakeland. KA yang bertabrakan memiliki nomor KA CSX N001-13 kurs angkutan batubara dan KA CSX K210-14 kurs angkutan fosfat. Tabrakan yang terjadi sangatlah parah. 20 gerbong pengangkut batubara dan fosfat keluar jalur bahkan terguling yang menyebabkan batubara yang diangkut oleh kereta berhamburan ke mana-mana. 

Beberapa gerbong rusak hingga hancur tak berbentuk akibat tabrakan ini. Kondisi lokomotif pun tak lebih baik. Kondisi lokomotif penarik kedua kereta ringsek akibat bertabrakan. 

Lokomotif yang ringsek akibat tabrakan
Marion County Fire Rescue

KA kurs angkutan fosfat ini memiliki relasi perjalanan Mulberry-Chicago dengan membawa 100 gerbong angkutan fosfat yang ditarik tiga lokomotif. Sedangkan KA kurs angkutan batubara sendiri memiliki relasi perjalanan Pembroke-Kentucky-Tampa dengan membawa 110 gerbong penuh batubara yang ditarik tiga lokomotif.

Petugas pemadam kebakaran, regu penyelamat, dan sheriff diturunkan untuk mengevakuasi masinis dan asisten masinis kedua kereta yang terjebak di dalam lokomotif. Beruntung, tidak ada korban tewas dalam peristiwa ini. Masinis dan asisten masinis kedua kereta hanya mengalami luka ringan saja.

Akibat peristiwa ini, jalur kereta antara Baldwin dan Lakeland terpaksa ditutup sementara untuk mempermudah proses evakuasi bangkai kereta dan perbaikan jalur. CSX Railway selaku operator dari kedua kereta barang ini memohon maaf atas penutupan jalur dan penundaan perjalanan akibat peristiwa ini. Penyebab kecelakaan saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait dengan mengumpulkan data-data yang tersimpan di dalam peralatan yang fungsinya hampir sama seperti kotak black box di pesawat yang berada di dalam lokomotif.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Trains.com
Ocala.com

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment