testimoni

testimoni

Dua Purwarupa Kereta Cepat Terbaru Tiongkok Berhasil Diujicobakan

Dua purwarupa kereta cepat terbaru Tiongkok
China Railway

[22/11/16]. Tiongkok saat ini tengah mengembangkan 3 set kereta cepat terbarunya. Dilansir dari Railway Gazette, Tiongkok telah mengujicoba 2 purwarupa kereta cepat terbarunya yang diberi nama sandi "Blue Dolphin" dan "Golden Phoenix". Kedua purwarupa ini menggunakan teknologi hasil pengembangan Tiongkok sendiri, tidak seperti para pendahulunya yang mengadopsi teknologi dari negara lain seperti Jerman dan Jepang.

Sebenarnya ada 3 purwarupa yang tengah dikembangkan oleh Tiongkok. Ketiganya dibuat oleh 3 pabrikan berbeda dengan komponen seperti bogie, traksi, dan komponen lainnya yang sudah distandarisasi. Blue Dolphin dibuat oleh pabrikan CRRC Qingdao Sifang, Golden Phoenix dibuat oleh pabrikan CRRC Changchun Railway, dan satu yang tidak diberi nama dibuat oleh CRRC Tangshan yang saat ini masih dikembangkan dan belum diujicoba. 

Tampilan dari rangkaian Golden Phoenix
Railway Gazette
Blue Dolphin dan Golden Phoenix telah sukses menjalani uji coba sejauh 600.000 kilometer sejak Juni 2015 lalu. Keduanya melewati tiga jalur dengan dengan kontur tanah, kemiringan, dan kondisi geografis yang berbeda-beda. Ketiga jalur yang dilewati diantaranya adalah jalur Datong-Xi'an, jalur khusus penumpang Dalian-Xenyang, serta jalur Zhengzhou-Xuzhou yang baru saja dibuka.

Kepala Teknisi CRRC He Huawu mengatakan bahwa ketiga kereta cepat ini dikembangkan dengan standar internasional dan tidak terjadi masalah ataupun kesalahan sedikit pun selama mereka diujicobakan. Setelah uji coba sejauh 600.000 kilometer ini selesai, keduanya akan ditarik kembali ke pabriknya masing-masing untuk melihat apakah ada kerusakan selama uji coba berlangsung.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment