testimoni

testimoni

Jalur Solo-Wonogiri Longsor, Perjalanan Batara Kresna Dibatalkan

Kondisi jalur yang longsor di Jalur Solo-Wonogiri di wilayah Sukoharjo
Instagram sukoharjo_makmur

[29/11/16]. Jalur kereta api Solo-Wonogiri mengalami longsor di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah. Dilansir dari Tempo, longsoran terjadi di daerah Mojolaban, sekitar Sukoharjo-Pasar Nguter. Lebih tepatnya di Jalur Kali Samin. Longsoran yang terjadi cukup panjang yakni sekitar 2 kilometer. 

Longsor diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur Sukoharjo semalaman yang menyebabkan banjir di sekitar area longsoran pada Selasa (29/11). Jalur rel ambles sehingga tidak mungkin untuk dilintasi kereta api. Juru bicara Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan bahwa perbaikan jalur ini akan memakan waktu setidaknya 2 hari.

Tim kru jalan rel diturunkan untuk memperbaiki jalur yang mengalami longsor. Akibat peristiwa ini, seluruh perjalanan KA Perintis Batara Kresna terpaksa dibatalkan. Setidaknya ada 2 perjalanan dari Purwosari dan 2 perjalanan dari Wonogiri yang dibatalkan akibat longsor ini. Diperkirakan perjalanan Railbus Batara Kresna baru dapat berjalan normal kembali 3 hari lagi setelah jalur selesai diperbaiki dan dinyatakan layak operasi.   

Hujan deras yang terjadi di Sukoharjo tak hanya menyebabkan jalur Solo-Wonogiri terputus akibat longsor, namun juga menyebabkan genangan air di sejumlah titik di Kabupaten Sukoharjo. Genangan air merendam sejumlah obyek vital dan jalan utama seperti kawasan Proliman Sukoharjo, Jl. Jenderal Sudirman, bahkan Kompleks Perkantoran Kabupaten Sukoharjo.

Banjir juga merendam sejumlah permukiman warga di wilayah Sukoharjo. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 50 centimeter hingga 2 meter. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo telah membuat sejumlah posko pengungsian untuk warga di beberapa titik yang terendam banjir.   


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment